Insiden Bendera Merah Putih Jatuh saat Upacara HUT RI di Konawe Utara

Insiden bendera merah putih di Konawe Utara jatuh usai dikibarkan. Ist. 

KONUT, LENTERASULTRA.COM – Upacara peringatan Hari Ulang Tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76 di Kabupaten Konawe Utara diwarnai dengan insiden bendera merah putih yang jatuh, saat anggota Paskibraka mengikat tali simpul. Dalam tayangan live streaming di sosial media Facebook Selasa (17/8/21), tampak bendera merah putih baru saja dikibarkan. Bahkan anggota Paskibraka belum selesai melaksanakan tugasnya.

Suara histeris terjadi saat bendara jatuh dari puncak tiang. Bendera yang sudah naik hingga ke ujung tiang, tiba-tiba terjun bebas dan merosot. Beberapa anggota TNI/Polri segera berlari menuju tiang bendera tersebut.

Humas Pemda Konut, Aminudin, saat dikonfirmasi via telepon membenarkan kejadian jatuhnya bendera tersebut. Aminudin mengatakan peristiwa ini diluar dugaan mereka semua termasuk anggota pasukan pengibar bendera.

“Tidak disangka, tiba-tiba jatuh tepat di salah seorang pengibar bendera,” ungkapnya.

Pasca insiden tersebut, Bupati Konawe Utara, Ruksamin beserta jajarannya mengucapkan permintaan maaf kepada seluruh rakyat melalui sebuah video. Ia mengatakan bendera tersebut jatuh akibat pengait bendera patah.

“Perlu kami sampaikan bahwa insiden terjadi sesaat setelah penaikan bendera dan sementara diikat yang kemudian pengait patah dan mengakibatkan jatuh. Alhamdulillah tidak sampai jatuh ke tanah, jatuh ke pangkuan anak-anak kita di Paskibraka. Saya minta Kapolres untuk mengambil langkah-langkah melakukan pemeriksaan pihak tersebut untuk tidak menjadi polemik di antara kita,” ujarnya.

Reporter: Husni/Sri Ariani

Editor: Wulan

insiden bendera merah putihInsiden Bendera Merah Putih Jatuh saat Upacara HUT RI di Konawe UtaraKonawe Utarakonut