China dan Rusia Guncang Asia, 13 Ribu Pasukan Kedua Negara Muncul di Gobi

 

JAKARTA, LENTERASULTRA.COM – China dan Rusia mengguncang Asia setelah menggelar latihan gabungan perang besar-besaran. Berdasarkan informasi resmi Tentara Nasional Pembebasan Rakyat China atau The People’s Liberation Army (PLA), Rabu (11/8/2021), lebih dari 13 ribu tentara kedua negara sudah bergabung dalam latihan berjuluk Western United-2021 atau Sibu/Interaction-2021 di Ningxia, China.

Melansir dari asiatoday.id, dalam latihan gabungan ini, militer China dan Rusia tak cuma mengerahkan personel saja tapi juga peralatan dan persenjataan perang yang cukup lengkap. Di darat, China dan Rusia mengerahkan tank-tank dan berbagai jenis roket. Di udara berbagai jenis pesawat tempur dikerahkan, seperti F-20, F-11, F-16, FH-7A, H-6 serta berbagai jenis Sukhoi.

Dalam aksi mengguncang Asia ini, China mengerahkan pasukan dari Komando Teater Barat di bawah pimpinan Liu Xiaowu. Sedangan militer Rusia  mengerahkan pasukan tempur dari komando Timur.

Latihan gabungan militer China dan Rusia ini merupakan yang terbesar di Benua Asia sepanjang tahun 2020. Dan China mengklaim latihan ini bukan untuk menggertak negara tetangga. Tapi untuk memperkuat kerjasama militer mengantisipasi terorisme serta meningkatkan keamanan dan stabilitas internasional dan regional. (ATN)
13 Ribu Pasukan Kedua Negara Muncul di GobiChinaChina dan Rusia Guncang AsiaRusia