China Posisi Teratas Pengekspor Alat Medis ke Indonesia

JAKARTA, LENTERASULTRA.COM – Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Republik Indonesia mencatat, China berada pada posisi teratas dalam daftar pengekspor peralatan medis terbesar ke Indonesia sejak 3 Mei hingga 3 Juli. Dari 10 besar pengekspor peralatan medis ke Indonesia, China menyumbang porsi terbanyak senilai USD8,67 juta atau 26,65 persen dari seluruh impor peralatan medis Indonesia selama periode dua bulan.

Posisi kedua ditempati Jepang dan Korea Selatan. Dari impor peralatan medis Indonesia selama periode dua bulan tersebut, 41,99 persen merupakan alat tes PCR senilai USD13,67 juta, alat tes cepat menyumbang 18,7 dengan nilai USD6,1 juta, dan ventilator menyumbang 6,85 persen.

Duta Besar Indonesia untuk RRC Djauhari Oratmangun mengatakan, sebelum ekspor pihak kedutaan besar telah berkomunikasi dengan pemerintah pusat untuk bekerja sama dengan sejumlah perusahaan China guna memasok lebih banyak peralatan medis ke Indonesia. Gelombang kedua wabah Covid-19 belum lama ini telah mengakibatkan peningkatan drastis permintaan tabung oksigen di Indonesia. Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan, awalnya kebutuhan tabung oksigen tercatat 60 ton per hari. Baru-baru ini, permintaan melonjak hingga 4.000 ton per hari.

“Kami berupaya mendapatkan lebih banyak tabung oksigen dari luar negeri, terutama Singapura, China dan beberapa negara lain,” kata Nadia dalam keterangan resmi, dikutip dari asiatoday.id.

Pekqn lalu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa Indonesia berencana mencari bantuan dari sejumlah negara asing jika kasus Covid-19 harian melampaui angka 40 ribu. (ATN)

ChinaChina Posisi Teratas Pengekspor Alat Medis ke IndonesiaIndonesia