China Warning Inggris tidak Memicu Perang Saat Melewati Laut China Selatan

BEIJING, LENTERASULTRA.COM – Militer China memperingatkan Inggris agar tidak melakukan provokasi yang memicu peperangan saat mereka mengirim kapal induk penyerang dan melewati Laut China Selatan. Juru bicara Kementerian Pertahanan Nasional China, Wu Qian, mengatakan pihaknya menghormati kebebasan navigasi tetapi dengan tegas menentang setiap kegiatan angkatan laut yang bertujuan untuk memicu kontroversi.

“Tindakan itu seharusnya tidak pernah mencoba untuk mengacaukan perdamaian regional, termasuk kolaborasi militer terbaru antara Inggris dan Jepang,” kata Wu Qian.

“Angkatan Laut China akan mengambil tindakan apa pun yang diperlukan untuk mengatasi perilaku seperti itu,” tegasnya, dikutip The Guardian, Jumat (30/7/2021).

Lintasan tersebut menandai pertama kalinya kelompok penyerang, yang dipimpin oleh HMS Queen Elizabeth dan termasuk dua kapal perusak dan dua fregat, telah dikerahkan ke kawasan Asia Pasifik. Kapal-kapal ini akan berlayar ke Jepang, dilaporkan dengan berhenti di India, Singapura dan Korea Selatan, untuk mengambil bagian dalam latihan bersama sekutu.

Perjalanan itu diperkirakan akan meningkatkan minat yang signifikan di Beijing, yang dalam sengketa wilayah dengan beberapa negara atas perairan dan pulau-pulau di kawasan itu. Misi itu juga telah memicu banyak laporan dan komentar di tabloid media pemerintah China, Global Times, yang mengatakan gagasan tentang kehadiran Inggris di Laut China Selatan itu berbahaya.

Jika London mencoba untuk membangun kehadiran militer di kawasan dengan signifikansi geopolitik, itu hanya akan mengganggu status quo di kawasan itu, dan jika ada tindakan nyata terhadap China, itu mencari kekalahan.  Kementerian Pertahanan Inggris telah berulang kali mengatakan bahwa mereka mengambil rute paling langsung secara bebas melalui perairan internasional untuk mengambil bagian dalam latihan dengan sekutu.

“Kami tidak akan pergi ke sisi lain dunia untuk menjadi provokatif. Kami akan percaya diri, tetapi tidak konfrontatif,” kata Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace kepada parlemen pada bulan April dikutip dari asiatoday.id.

Akhir tahun ini, Inggris juga akan secara permanen menugaskan dua kapal perang ke wilayah tersebut. Wallace mengatakan awal bulan ini,

“Ketika kami menyaksikan kemiringan kekuatan menuju kawasan Indo Pasifik, kami berkomitmen untuk bekerja dengan mitra kami di sini untuk mempertahankan nilai-nilai demokrasi, mengatasi ancaman bersama, dan menjaga keamanan negara kami,” ujarnya.

Meningkatnya militerisasi dan ekspansionisme China di kawasan itu, khususnya terhadap Taiwan, yang diklaim Beijing sebagai provinsi China yang akan direbutnya, telah memperburuk ketegangan antara China dan banyak tetangganya. Misi Inggris mendapat ucapan selamat dari departemen luar negeri AS, tetapi pada hari Selasa menteri pertahanan AS, Lloyd Austin memperingatkan sumber daya militer langka dan Inggris mungkin bisa lebih membantu di bagian lain dunia.

Drew Thompson, mantan pejabat departemen pertahanan AS yang bertanggung jawab untuk mengelola hubungan bilateral dengan China dan Taiwan, mengatakan susunan multinasional kelompok penyerang itu, termasuk pesawat F-35 AS di kapal induk Inggris, menunjukkan lambang koalisi dan integrasi militer, yang lebih besar dari sekedar Laut China Selatan dan China.

“China tidak menghadirkan ancaman militer ke Inggris,” kata Thompson. “Tetapi (kelompok penyerang) ini adalah model keamanan kolektif dan interoperabilitas untuk menghadapi segala jenis ancaman. China kebetulan menjadi salah satu yang signifikan, tetapi implikasinya lebih besar dari itu,” imbuhnya. (ATN)

ChinaChina Warning Inggris tidak Memicu Perang Saat Melewati Laut China SelatanIndonesiaSultra