Antisipasi Over Kapasitas, Puskesmas dan RS Swasta Bakal jadi Rujukan Pasien Non Covid-19

Rumah Sakit Umum Kota Kendari. Ist.

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Beberapa pekan terakhir, kasus perkembangan Covid-19 di Kota Kendari masih mengalami peningkatan drastis. Data terakhir, penambahan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 pada Minggu (25/07/2021) sebanyak 69 orang.

Pasien Covid-19 bergejala berat menjalani perawatan di RSUD Kota Kendari sebagai rumah sakit rujukan. Beberapa diantaranya yang gejala ringan menjalani perawatan di rumah masing-masing atau isolasi mandiri.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kendari, Rahminingrum mengatakan, saat ini pasien yang menjalani perawatan di RSUD Kota Kendari masih terkendali. Namun jika rumah sakit rujukan itu penuh atau over kapasitas maka beberapa pasien lain yang non Covid-19 akan dirujuk di rumah sakit swasta atau Puskesman lainnya.

“Nantinya kalau memang RSUD Kota Kendari itu terisi penuh dengan pasien Covid-19 otomatis pasien-pasien non Covid-19 bisa dimaksimalkan ditampung di Puskesmas maupun di rumah sakit swasta yang lain di Kota Kendari,” ujarnya, Sabtu (24/07/2021).

Kendati demikian, Rahminingrum tidak menjelaskan secara rinci berapa total rumah sakit dan puskesmas yang akan digunakan untuk menampung pasien non Covid-19.

Secara terpisah, Direktur RSUD Kota Kendari Sukirman, saat dikonfirmasi mengatakan, saat ini kapasitas perawatan pasien Covid-19 masih terpenuhi dan sudah ada gedung baru yang disiapkan untuk menampung pasien.

“Ada empat sampai lima ruangan yang disediakan saat ini di RSUD Kendari, kalau seandainya terjadi lonjakan pasien Covid-19,” ungkapnya. (C)

Reporter: Husni Mubarak

Editor: Wulan

Antisipasi Over KapasitasKota KendariPuskesmas dan RS Swasta Bakal jadi Alternatif Pasien Non Covid-19Sultra