Menteri Perdagangan di Asia Pasifik Sepakati Distribusi Vaksin Bebas Hambatan

JAKARTA, LENTERASULTRA.COM – Untuk mempercepat pemulihan ekonomi global, para menteri perdagangan di kawasan Asia Pasifik sepakat bekerjasama untuk mempermudah distribusi vaksin Covid-19 dan kebutuhan medis penting lainnya.

“Pejabat dari APEC yang mencakup AS, China dan Jepang mengatakan siap untuk menghilangkan hambatan yang tidak perlu untuk perdagangan jasa, terutama jasa yang mempercepat dan memfasilitasi aliran barang-barang penting,” demikian tertulis dalam pernyataan kelompok tersebut, dikutip dari asiatoday.id.

Hambatan perdagangan seputar impor dan ekspor vaksin telah disorot sebagai salah satu faktor kunci yang memperlambat penyebaran inokulasi yang lebih luas di negara-negara berkembang.

Sehari sebelum pertemuan para menteri perdagangan APEC, mereka mengadakan dialog dengan Rachel Taulelei, ketua Dewan Penasihat Bisnis APEC 2021, yang menganjurkan perdagangan vaksin dan pasokan medis penting, diselenggarakan tanpa batas.

APEC yang beranggotakan 21 negara juga akan membahas langkah-langkah seperti pengabaian sementara perlindungan kekayaan intelektual tertentu pada vaksin Covid-19 dalam bulan-bulan menjelang konferensi menteri Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) yang dijadwalkan akhir November.

Gagasan untuk mengabaikan perlindungan kekayaan intelektual untuk vaksin Covid-19 sedang dipromosikan oleh beberapa kelompok bantuan dan AS sebagai cara mengakhiri pandemi dengan lebih cepat dengan mengizinkan lebih banyak perusahaan dan negara untuk membuat suntikan mereka sendiri. (ATN)

IndonesiaMenteri Perdagangan di Asia Pasifik Sepakati Distribusi Vaksin Bebas Hambatanvaksin