Krisis Vaksin Covid-19 Melanda Asia Selatan, Bantuan China dan Rusia Ditunggu

DHAKA, LENTERASULTRA.COM – Negara-negara di Asia Selatan yakni Bangladesh, Nepal, dan Sri Lanka dilanda krisis vaksin Covid-19. Otoritas setempat berharap China dan Rusia akan mendukung upaya negara-negara tersebut untuk mengatasi gelombang pandemi Covid-19 yang menghancurkan.

Kasus Covid-19 dan kematian telah mencapai rekor tertinggi di seluruh India dan negara tetangganya dalam beberapa pekan terakhir. Semua negara mengandalkan kampanye vaksin Covid-19 untuk mencegah lonjakan berikutnya. Tetapi langkah India pada bulan lalu yang melarang ekspor vaksin karena meningkatnya kekurangan dalam negeri telah melanda negara-negara lain. Tiga negara Asia Selatan telah memperlambat kampanye vaksinasi mereka saat mereka menjelajahi pasar internasional untuk mencari stok baru.

“Bangladesh memiliki sekitar satu juta dosis vaksin Covishield buatan Astrazeneca dan vaksin Sinopharm China, dan mengharapkan 100.000 suntikan Pfizer, tetapi semuanya akan habis dalam hitungan hari-hari,” kata kepala kesehatan pemerintah A.B.M, Khorshed Alam, dikutip asiatoday.id.

Negara berpenduduk 168 juta orang telah melaporkan sekitar 800.000 infeksi dan 12.200 kematian. Seperti di negara Asia Selatan lainnya, para ahli mengatakan jumlah korban sebenarnya jauh lebih tinggi. Bangladesh memiliki kesepakatan untuk membeli 30 juta dosis Covishield dari Serum Institute of India, pembuat vaksin terbesar di dunia. Hanya tujuh juta yang telah dikirim ketika India menghentikan ekspor bulan lalu.

Sejak itu, Bangladesh telah menghubungi China dan Rusia untuk mendapatkan vaksin mereka dan negara-negara Barat yang mungkin mengalami kelebihan suntikan Astrazeneca.

“Satu kesepakatan dengan China untuk jumlah vaksin Sinopharm yang tidak ditentukan telah disetujui pada hari Rabu,” kata para pejabat.

Tetapi Duta Besar China Li Jiming mengatakan Bangladesh seharusnya tidak mengharapkan pasokan komersial sebelum Desember. Kepada portal bdnews24.com, dia mengatakan bahwa antreannya terlalu panjang. Nepal memiliki sekitar 1,5 juta orang menunggu tembakan kedua Covishield, dengan pasokan juga ditahan oleh larangan ekspor India. Sekarang telah melalui semakin sedikit jab Sinopharm yang diberikan oleh China.

“Sri Lanka, dengan populasi 21 juta, memiliki sekitar 115.000 dosis vaksin yang tersisa dan telah memperlambat inokulasinya menjadi 15.000 sehari karena negara itu juga bernegosiasi dengan negara lain,” kata para pejabat.

Menurut pihak berwenang, gelombang pandemi baru membuat jumlah kematian harian mencapai rekor 38 pada hari Kamis. Larangan ekspor India membekukan kesepakatan Sri Lanka untuk membeli 13,5 juta dosis Covishield dari Serum International. Sri Lanka sekarang sedang menjalani 600.000 dosis Sinopharm yang berbakat dan berharap menerima 26 juta suntikan dari Rusia dan China. (ATN)

Bantuan China dan Rusia DitungguKrisis Vaksin Covid-19 Melanda Asia SelatannasionalSultra