China, Negara Tujuan Utama Ekspor Indonesia

JAKARTA, LENTERASULTRA.COM – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat China masih menjadi tujuan utama ekspor produk-produk asal Indonesia. Bahkan pada Maret 2021, ekspor Indonesia ke China mengalami kenaikan mencapai USD774,6 juta lebih besar dibandingkan negara lain.

“Ekspor Indonesia ke China pada Maret 2021 ini meningkat sebesar USD774,6 juta,” kata Kepala BPS Suhariyanto dalam video conference di Jakarta, Kamis (15/4/2021).

Selain China, ekspor Indonesia pada bulan lalu juga mengalami kenaikan ke sejumlah negara. Di urutan kedua ada India yang naik USD519,5 juta, kemudian Amerika Serikat (AS) USD212,6 juta, Jepang USD177,7 juta, dan Singapura USD132 juta.

“Di beberapa negara, ekspor Indonesia mengalami penurunan. Ke Taiwan mengalami penurun USD111,5 juta, sementara ke Estonia, Selandia Baru, Guinea dan Australia juga mengalami penurunan tetapi sangat tipis dibandingkan peningkatan ekspor kita,” jelasnya, seperti dikutip dari asiatoday.id.

Dikatakan, pangsa pasar ekspor nonmigas pada Maret 2021 juga masih didominasi oleh China sebesar USD3,73 miliar atau 21,36 persen. Selanjutnya, pangsa pasar ekspor Indonesia adalah AS sebesar USD2,07 miliar, dan Jepang sebesar USD1,38 miliar.

“Posisi ini tidak berubah, sama persis dengan posisi bulan lalu. Negara tujuan ke China pada bulan ini sumbangannya sebesar 21,36 persen dan komoditas utama yang kita ekspor ke China seperti besi, baja, nikel, bahan bakar mineral, kemudian lemak dan minyak hewan dan nabati,” tandasnya. (ATN)
ChinaIndonesiaNegara Tujuan Utama Ekspor IndonesiaSultra