Pakai Gaun Pengantin Tokotu’a, Istri Bupati Bombana Juara Satu Lomba Fashion Show

Andi Nirwana Sebbu (ANS) menerima pelakat juara satu lomba fashion show dari Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi. Foto : FB Dinas Kominfo

KENDARI, LENTERASULTRA.COM- Andi Nirwana Sebbu (ANS),  memiliki sederet tanggung jawab yang diemban. Selain sebagai anggota DPD RI, Ketua Palang Merah Indonesia Bombana, Ketua Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), istri Bupati Bombana ini juga menjabat sebagai Ketua Penggerak PKK dan Ketua Dekranasda.

Banyak energi dan pikiran yang akan ia keluarkan untuk melakoni berbagai kesibukan atas tanggung jawabnya itu. Namun sebagai first lady, Andi Nirwana mampu melaluinya. Bahkan dengan segudang jabatan yang diembannya ANS, justru terus termotivasi untuk terus berkarya buat Kabupaten Bombana.

Salah satu prestasi terbaru yang ditorehkan Andi Nirwana Sebbu adalah meraih juara satu lomba fashion show dalam rangka memperingati hari Kesatuan Gerak PKK ke-49. Kegiatan ini diikuti seluruh istri-istri Bupati dan Walikota di Sulawesi Tenggara. Istri Bupati Bombana ini dinobatkan sebagai jawara.

Andi Nirwana Sebbu (dua dari kanan) berfoto bersama Ketua Bhayangkari Sultra (kanan) serta Ketua tim penggerak PKK Sultra, Agista Ariyani Ali Mazi (dua dari kiri). Foto : Adhi

Saat tampil berlenggak lenggok diatas catwalk, Andi Nirwana mampu memikat hati dewan juri. Dengan memakai busana pengantin moronene Tokotu’a, mengantarkan ketua tim penggerak PKK kabupaten Bombana juara 1 fashion show. Prestasi ini menjadi bukti jika ketua Dekranasda Kabupaten Bombana ini, tidak pernah berhenti mempromosikan budaya lokal di daerahnya.

“Saya memakai pakaian pengantin perempuan Moronene Bombana. Pakaian ini menggunakan pernak pernik yang masih etnik tanpa campuran dari pernak pernik luar,” kata Andi Nirwana usai dinobatkan sebagai juara satu lomba fashion show tingkat Kabupaten di salah satu hotel di Kendari, Kamis (18/3/2021).

Kata Andi Nirwana, gaun yang dipakainya merupakan pakaian dari Tokotu’a Kabaena. Alasan menggunakan busana tersebut, Andi Nirwana mengaku, ingin menampilkan pakaian Tokotu’a Kabaena, karena selama ini selalu memakai pakaian daratan Moronene. Anggota DPD RI dapil Sulawesi Tenggara ini juga ingin mengangkat kearifan lokal dari Kabaena karena antara pakaian Kabaena dan daratan serupa tapi berbeda.

ANS mengaku, pakaian yang dipakainya merupakan busana lama yang pernah dipakai saat festifal Tangkeno. “Karena konsep dan temanya, pakaian pengantin, jadi saya tambah pernak perniknya. Pakaian ini, ternyata mengantarkan saya sebagai juara satu,” ungkap Andi Nirwana.

Penulis : Adhi

Agista AriyaniAndi NirwanaBombanaHari Kesatuan Gerak PKkLomba Fashion Show