AS Tunjuk Perempuan Asia Katherine Tai Sebagai Negosiator Utama Biden

 

WASHINGTON, LENTERASULTRA.COM – Katherine Tai, perempuan keturunan Asia ditunjuk sebagai negosiator utama perdagangan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden. Penunjukan Tai ini telah disetujui oleh Senat Amerika Serikat (AS) pada Rabu (17/3/2021).

Menyitat AFP, Kamis (18/3/2021), pemungutan suara atas Tai dilakukan dengan suara bulat: 98-0. Dukungan penuh itu menjadi momen persatuan yang langka dalam politik Washington yang terpolarisasi.

Dikutip dari Asiatoday.id, Tai dikenal sebagai seorang pengacara perdagangan yang menjabat sebagai penasihat anggota parlemen selama bertahun-tahun. Dia akan mengambil alih sebagai Perwakilan Dagang AS.

Tai berjanji untuk bekerja memperbaiki hubungan perdagangan dengan sekutu Amerika yang rusak di bawah kebijakan garis keras “America First” dari mantan presiden Donald Trump.

Tetapi dalam audiensi konfirmasi, Tai juga membela penggunaan tarif sebagai alat negosiasi yang valid dan berjanji untuk secara ketat menegakkan perjanjian perdagangan yang ada, termasuk dengan China.

Penunjukan Tai dilihat sebagai sinyal bahwa tim AS yang baru tidak memiliki rencana untuk segera berbalik dari tindakan agresif pemerintahan Trump.

Tai, yang orang tuanya lahir di China, mengatakan dia akan bekerja untuk memastikan bahwa Beijing memenuhi komitmennya berdasarkan perjanjian perdagangan Januari 2020.

Saat menekankan bahwa Beijing harus menepati janjinya, Tai mengatakan dia mendukung “tinjauan holistik tentang China” dan strategi AS-China. (ATN)

ASAS Tunjuk Perempuan Asia Katherine Tai Sebagai Negosiator Utama BidenBidenIndonesiaSultra