Tiga Sekda di Sultra jadi Bupati di Wilayahnya

Sekda Konkep, Ir. H. Cecep Trisnajayadi, MM sebagai PLH Bupati Konkep. Foto Adi

KENDARI, LENTERASULTRA.COM-  Masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati di tiga Kabupaten di Sulawesi Tenggara (Sultra) berakhir, Rabu (17/2/2021). Tiga daerah itu adalah Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep), Kolaka Timur (Koltim) serta Buton Utara (Butur).

Ketiga daerah ini bahkan telah menggelar Pilkada dan sudah memiliki Bupati dan Wakil Bupati terpilih. Meski begitu, ketiga Bupati dan wakil Bupati terpilih di Pilkada serentak 9 Desember lalu belum juga dilantik.

Untuk mengisi kekosongan jabatan kepala daerah, Gubernur Sulawesi Tenggara melantik tiga Sekda sebagai pelaksana harian (PLH) Bupati di wilayahnya. Mereka adalah Sekda Kolaka Timur, Ir. Eko Santoso Budiarto, M.Si sebagai Plh Bupati Koltim,
Pj Sekda Buton Utara Dra. Yuni  Nurmalawati, M.Si, sebagai
PLH Bupati Butur serta, Sekda Konkep, Ir. H. Cecep Trisnajayadi, MM sebagai PLH Bupati Konkep.

Sekda Butur, Dra. Yuni  Nurmalawati, M.Si, sebagai
PLH Bupati Butur

Pelantikan tiga “jenderal” Pegawai Negeri Sipil sebagai PLH Bupati di daerahnya dipimpin Gubernur Sultra Ali Mazi, di rumah jabatan Gubernur. Proses pelantikan dihadiri beberapa pejabat eselon dua Pemprov Sultra serta Bupati Konkep terpilih periode kedua H. Amrullah. Selain itu, juga hadir Wakil Bupati Koltim terpilih, Andi Meryanur, S.Ip.

Sekda Koltim Ir. Eko Santoso Budiarto, M.Si sebagai Plh Bupati Koltim

Kepada tiga PLH Bupati yang sudah dilantik, Ali Mazi mengatakan bahwa tiga sekda ini betul-betul mensukuri jabatan yang diberikan serta jangan lagi melakukan gerakan tambahan sehingga masyarakat dirugikan dan menjadi masalah.

Penulis : Adhi

Ali MazibuturGubernur SultraKoltimKonkepPelantikan PLh bupatiPLH Bupati