2021, UMKM Kendari Go Digital, Go Global

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir, usai menjadi narasumber pada kegiatan talkshow. Foto: Ilma.

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Berikan Ruang, Mereka Akan Tumbuh, adalah semboyan yang diungkapkan oleh Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir, untuk program utama Pemkot Kendari di 2021. Yaitu membuka ruang dan akses untuk pelaku UMKM Kota Kendari yang berbasis go digital go global.

“Kita akan berikan ruang dan aksesnya,” kata Wali Kota Kendari usai menjadi narasumber pada kegiatan talkshow yang dilaksanakan oleh Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Sultra, di Hotel Claro Kendari, Senin (11/1/2021).

Akses pertama yang akan diberikan untuk masyarakat adalah pemberian izin gratis, kedua akses permodalan, dan ketiga menyediakan atmosfer marketnya. Dimana, ketiga akses ini harus tersedia secara bersamaan, sehingga meminimalisir keruntuhan yang tidak diinginkan.

“Kita suntik modal berapa banyak pun, jika marketnya tidak tersedia, dan atmosfernya tidak kita ciptakan, maka semuanya akan runtuh,” tegasnya.

Ia juga melanjutkan, penyediaan market digital tersebut guna memudahkan pelaku UMKM maupun konsumen yang ada di Kota Kendari, baik itu marketing untuk mengakses produk dan  bahan baku.

“Kemarin telah dihadirkan Ayomibeli.com yang digagas anak-anak muda Kendari, dan kami sangat mengsupport atas hal tersebut,” jelasnya.

Di tahun 2021 ini, Pemerintah Kota Kendari bakal menggagas sebuah market digital yaitu portal UMKM Kendari, yang bisa menampung semua data UMKM serta transaksi yang bisa dilakukan dengan mudah.

“Mudah-mudahan di pertengahan 2021, kita bisa launching,” lanjut Sulkarnain.

Terakhir, ketua demisioner Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tersebut juga menghimbau bahwa beradaptasi dengan teknologi adalah keharusan pada zaman ini.

“Tidak bisa kita pungkiri, digitalisasi ini adalah sebuah keharusan,” pungkasnya. (B)

Reporter: Ilma

Editor: Wulan

2021Go GlobalSultraUMKM Kendari Go Digital