Remaja di Baubau Gagalkan Aksi Penjambretan

Rizki, bocah asal Baubau yang menendang jambret saat mencoba kabur usai merampas gawai miliknya. Foto: Ist. 

BAUBAU, LENTERASULTRA.COM – Seorang remaja di Baubau, Rizki (12) menjadi perhatian setelah menggagalkan pelaku penjambretan yang mencoba kabur usai mengambil gawai miliknya. Kejadian itu terjadi pada Senin (21/12/2020) di Kelurahan Kaisabu Kecamatan Sorawolio Kota Baubau.

Pelajar yang masih duduk di bangku sekolah dasar ini menceritakan, saat itu dirinya tengah bersantai di depan rumah sambil main gawai. Kemudian pelaku FN datang dan berpura-pura menanyakan alamat rumah. Namun, belum sempat terjawab pertanyaan pelaku. FN langsung mengambil handphone milik Rizki dan mencoba membawa kabur gawainya.

“Habis dia ambil HPku, saya kejar langsung sa tendang kakinya. Kemudian waktu di motor juga saya tendang,” katanya saat diwawancarai, Rabu (23/12/2020).

Riski juga sempat berteriak minta tolong hingga warga datang langsung mengamankan pelaku. Kasat Reskrim Polres Baubau AKP Reda Irfanda, membenarkan kejadian yang menimpa bocah tersebut. Ia mengatakan saat ini pelaku sudah diamankan di Polres.

“Iya kejadiannya pada Senin (21/12/2020) sore,” ungkapnya melalui telepon, Rabu (23/12/2020).

Reda menjelaskan, diduga pelaku berjumlah empat orang. Namun tertangkap baru satu pelaku berinisial FN. Para pelaku menjambret dengan membawa sepeda motor.

“Pelaku FN diamankan warga saat mencoba melarikan diri. Sementara tiga rekannya yang langsung meninggalkan pelaku dan masih dalam pengejaran,” jelasnya.

Ia juga memastikan korban tidak mengalami luka saat dijambret. Sedangkan FN babak belur saat diamankan karena sempat kena amukan warga. Pelaku terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas karena mencoba melawan saat diamankan.

“Pelaku disangkakan dengan pasal 365 KUHP karena mencoba melakukan pencurian dengan kekerasan,” ujar AKP Reda Irfanda. (B)

Reporter: Laode Ari

Editor: Wulan

BaubauRemaja di Baubau Gagalkan Aksi PenjambretanSultra