Meski Telah Usai Gelar Pelatihan, BLK Kendari Bakal Terus Tingkatkan Kreatifitas Warga

Suasana pelatihan di BLK Kendari. Foto: Ist.

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Pasca memberikan pelatihan kepada warga di Kabupaten Buton Tengah (Buteng) dan Kabupaten Muna sejak 16 dan 17 September 2020 lalu, Kepala BLK Kendari, Dr La Ode Haji Polondu akhirnya menutup agenda Pelatihan Mobile Training Unit (MTU) atau dikenal dengan Pelatihan Berbasis Kompetensi Non Institusional itu.

Suasana pandemi Covid-19 yang masih melanda tak membuat BLK Kendari berhenti melakukan pelatihan kepada warga Kabupaten Buteng. Kegiatan yang digelar dengan penerapan protokol kesehatan selama kurung waktu 12 hingga 13 hari itu terbagi dalam delapan paket program pelatihan.  Diantaranaya teknik sepeda motor konvensional paket I, teknik sepeda motor konvensional paket II, menjahit pakaian dasar paket I dan menjahit pakaian dasar paket II untuk Kabupaten Buteng.

“Saya percaya, dengan ilmu dan keterampilan yang dimiliki para peserta, kini telah dapat digunakan untuk berbuat di tengah masyarakat, sehingga mampu menolong diri sendiri atau keluarga bahkan orang lain,” ucap La Ode Haji Polondu saat menutup kegiatan, Minggu (29/11/2020).

Untuk tetap menciptakan kreatifitas warga, mantan Kabag Rumah Tangga Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemenaker RI) itu akan terus memantau perkembangan para peserta melalui program-program di BLK Kendari. Pihaknya juga menitip pesan kepada pemerintah kabupaten tempat pelaksanaan MTU, untuk membantu para peserta pelatihan dalam proses perkembangannya di masyarakat.

“Kita semua harus peduli, saya harapkan sinergitas kita dalam membangun sumber daya manusia yang baik dan produktif,” ujarnya.

Menanggapi hal itu, Pemerintah Dearah Kabupaten Buton Tengah yang diwakili oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans) Buteng, La Saripi S.Sos. mengatakan, pihaknya akan memberdayakan seluruh peserta pelatihan melalui program bantuan modal usaha apalagi dalam suasana wabah pandemi.

“Program ini kita buat untuk mengimbangi keterampilan yang telah mereka dapatkan,” katanya.

Secara terpisah, Sekertaris Nakertrans Kabupaten Muna, Drs La Ode Nasir Polondu menuturkan, pihaknya akan membantu warganya yang telah mengikuti proses pelatihan dari BLK Kendari sesuai amanah dari pimpinan daerah Kabupaten Muna.

“Kami tentu akan memperhatikan para peserta pelatihan ini dan membantu mereka. Terlebih dalam situasi Covid-19 ini. Ini dapat memudahkan mereka agar tetap produktif dalam memenuhi kebutuhan hidup,” tutupnya.

Untuk diketahui, pelatihan MTU yang dilaksanakan di Kabupaten Muna yaitu fitter struktur paket I, fitter struktur paket II, fitter struktur paket III serta pelatihan pembuatan roti dan kue. Penutupan kegiatannya dilakukan di dua tempat berbeda, yakni di Balai Pertemuan Desa Morikana Kecamatan Mawasangka Tengah Kabupaten Buton Tengah pada pukul 09.00 Wita dan di Balai Pertemuan Desa Oempu Kecamatan Tongkuno Kabupaten Muna pada pukul 14.00 Wita. (Ads/Ilma).

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibubapakpakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun

BLK Kendari Bakal Terus Tingkatkan Kreatifitas WargaKota KendariMeski Telah Usai Gelar PelatihanSultra