Dokter dan Perawat Positif Covid-19, Dua Puskesmas di Bombana Tutup

 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bombana, dr. H. Sunandar, MM.Kes. Foto : Adhi

BOMBANA, LENTERASULTRA.COM- Dinas Kesehatan Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara menutup sementara pelayanan di puskesmas Lomba Kasih, Kecamatan Rarowatu Utara dan Puskesmas Poleang Utara, Kecamatan Poleang Utara. Penutupan sementara dua puskesmas di dua kecamatan ini menyusul ditemukannya sejumlah dokter, perawat dan bidan yang dinyatakan positif Covid-19.

Penutupan layanan di dua Puskesmas dilakukan sejak Kamis (26/11/2020/ hingga 9 Desember 2020 mendatang.  Penutupan dilakukan untuk memutus rantai penularan Covid-19, sekaligus akan dilakukan sterilisasi  dengan cairan disinfektan di seluruh ruangan di dua puskesmas tersebut.

Penutupan dan penyemprotan disinfektan juga untuk memberikan rasa aman terhadap masyarakat yang akan mendapatkan pelayanan kesehatan usai ditemukannya tenaga kesehatan dan tenaga medis yang positif Covid-19 di Puskesmas Lomba Kasih dan Puskesmas Poleang Utara.

“Karena ada dokter dan tenaga kesehatan yang terkonfirmasi positif Covid-19, maka selama 14 hari kedepan,  puskesmas Poleang Utara dan Lombakasih ditutup sementara,” kata dokter H. Sunandar, kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bombana.  Mantan Direktur RSUD Bombana ini menambahkan, selama penutupan sementara di dua puskesmas itu, maka layanan kesehatan kepada masyarakat dialihkan di puskesmas tetangga terdekat.

Selain itu, pelayanan juga bisa dilakukan di puskesmas pembantu, pondok bersalin desa, serta RSUD Bombana. Layanan kesehatan juga bisa dilakukan di rumah-rumah tenaga kesehatan yang tidak terpapar Covid-19, serta sudah negatif Covid-19 berdasarkan hasil swab test PCR.

Sunandar menambahkan, dengan masih terus bertambahnya virus Corona ini, dia mengingatkan kembali kepada seluruh masyarakat Bombana untuk tidak lengah. Selama keluar rumah atau bepergian kemana saja, selalu menerapkan protokol kesehatan yakni 3 M. Mulai dari wajib memakai masker, rajin mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, serta tetap menjaga jarak. “Protokol kesehatan ini jangan dikesampingkan. Selama pandemi Covid-19 ini belum berakhir, 3 M selalu diterapkan. Insya Allah kita terhindar dari Covid-19,” ungkapnya. (Ads/Adhi)

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun

Pesan Redaksi:
Mari bersama-sama mencegah penyebaran Covid-19. Lenterasultra.com mengajak seluruh pembaca ikut mengkampanyekan protocol kesehatan di setiap aktifitas sehari-hari. Ingat pesan ibu, pakai masker, selalu mencuci tangan dan tetap menjaga jarak.

Dokter dan Nakes Positif Covid-19Dua Puskesmas di Bombana Tutup