Sebulan Lebih Macet, Ferry Amolengo Labuan Kembali Beroperasi

Pelabuhan Ferry Amolengo, Kabupaten Konawe Selatan, Sultra.
Foto: Istimewa.

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Setelah sebulan lebih penyebrangan Ferry Amolengo-Labuan Bajo tidak beroperasi, kini moda trnsportasi tersebut telah  beroperasi kembali mulai Minggu (15/11/2020). Kepala UPT Pelabuhan Amolego-Labuan, Armin Malaka, membenarkan terkait normalnya kembali rute penyeberangan Amolengo-Labuan. Setelah adanya perbaikan pada pelabuhan dan mengharuskan pengalihan rute dari pelabuhan Amolengo ke pelabuhan Pure, Kabupaten Muna.

“Hari ini sudah mulai kembali beroperasi seperti semula dengan menggunakan dua armada penyeberangan yang stay di pelabuhan Amolengo dan Labuan,” ungkapnya.

Pengoperasian kembali jalur ini, karena telah selesainya pekerjaan pelabuhan Labuan Bajo yang direnovasi penuh sejak akhir Agustus lalu. Sementara fungsi pelabuhan Pure yang sebelumnya menjadi alternatif selama proses rehabilitasi, kembali  seperti semula.

Ia juga menjelaskan jadwal perjalan sebanyak empat kali sehari yakni, pukul 09.00 Wita untuk trip I, pukul 11.00 untuk trip II, pukul 14.00 Wita trip III dan pukul 16.00 Wita untuk trip IV.

Sementara untuk hari Jumat hanya dijadwalkan tiga trip yakni pukul 09.00 Wita, pukul 11.00 dan pukul 15.00 Wita.

“Starnya bersamaan baik di Amolengo maupun di Labuan sehingga bertemu di tengah laut,” ujar Armin.

Dengan adanya dua Ferry yang beroperasi ia berharap bisa mengurangi kepadatan penumpang dan mengurangi praktik percaloan yang kerap terjadi hingga mengakibatkan keributan antar pengguna jasa penyebrangan. (B)

Reporter: Iksan Maligano

Editor: Wulan

butuurFerry Amolengo Labuan Kembali BeroperasiKonselKota KendarilabuanSebulan Lebih MacetSultra