Training Cek Fakta AMSI Sultra Digelar, Pesertanya dari Kalangan Jurnalis dan Mahasiswa

Training cek fakta debat Pilkada 2020 yang dilaksanakan oleh Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra). Ist. 

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Training cek fakta debat Pilkada 2020 yang dilaksanakan oleh Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra) mulai digelar. Pelatihan cek fakta yang penyelenggaraanya bertempat di Hotel Athaya Kendari ini diikuti dari kalangan jurnalis dan mahasiswa, Sabtu (7/11/2020).

Ketua AMSI Wilayah Sutra, M Djufri Rachim mengatakan, sebelumnya peserta ditargetkan sejumlah 25 orang dengan perwakilan dua jurnalis di tiap-tiap media. Namun dari 25 wartawan yang mendaftar secara online hanya beberapa saja yang hadir.

“Jumlah yang hadir sebanyak 18 orang dari kalangan jurnalis dan lima dari mahasiswa jurusan jurnalistik,” ungkapnya.

Ia menambahkan, tujuan dari pelatihan cek fakta ini sebagai pembelajaran tentang bagaimana mengetahui informasi yang beredar di medsos itu benar atau malah tidak benar atau hoax.

Selain itu, training ini mengambil fokus pembahasan tentang isu dan informasi seputar Pilkada yang ada di tuju kabupaten dan kota di Sultra. Karena jelang pesta politik di wilayah tersebut banyak informasi yang bias di berbagai media sosial maupun situs media online.

“Nantinya dengan pelatihan ini kita bisa mencermati mana informasi yang benar, atau isu yang cenderung provokatif, atau berpihak,” imbuhnya.

Direktur Media Online Sultrakini.com itu juga menjelaskan, training ini juga sudah terlebih dahulu dilaksanakan di beberapa pengurus AMSI Wilayah di seluruh Indonesia. Sementara untuk AMSI Wilayah Sutra menjadi yang ketiga kalinya.

Trainer dalam kegiatan ini dihadiri oleh dua pembawa materi yakni Ketua AJI Kendari, Zainal Ishaq dan sekertaris AJI Jakarta, Afwan Purwanto yang memberikan materi secara virtual.

Waktu pelaksanaan training juga berlangsung selama sehari, dimulai dari pukul 08.00 hingga 18
00 wita. Training berlangsung secara online dan juga menerima langsung materi yang disampaikan di lokasi training. (C)

Reporter: Laode Ari

Editor: Wulan

AMSIcek faktaKota KendariPesertanya dari Kalangan Jurnalis dan MahasiswaSultraTraining Cek Fakta AMSI Sultra Digelar