Pemuda yang Tenggelam saat Berenang di Sungai Konaweha Ditemukan Meninggal Dunia

Tim SAR saat mengevakuasi jenazah Ahmad Rianto yang tenggelam usai terseret arus sungai Konaweha. Foto: Ist.

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Pemuda yang tenggelam saat berenang di sungai Konaweha, Kecamatan Uepai, Kabupaten Konawe, akhirnya ditemukan. Tim Basarnas yang melakukan pencarian sejak Senin (2/11/2020) kemarin, menemukan Ahmad Rianto (17) dalam kondisi meninggal dunia. Korban ditemukan sekitar pukul 12.42 wita pada siang tadi (3/11/2020) sekitar 40 meter dari lokasi semula korban tenggelam.

“Korban langsung diserahterimakan kepada keluarga korban untuk selanjutnya dibawa menuju rumah duka,” kata Kepala Basarnas Kendari, Aris Sofingi melalui keterangan tertulisnya, Selasa (3/11/2020).

Selama hampir dua hari pencarian korban, Tim Basarnas yang dibantu BPBD Konawe, pihak kepolisian serta masyarakat sekitar menyisir di area sekitar sungai. Tim pencarian dibagi memjadi tiga kelompok. Dua kelompok di sepanjang sisi sungai dengan menggunakan ruber boat dan satu kelompok untuk tim penyelam.

Sebelumnya, Ti. Basarnas menurunkan tim pencarian usai menerima informasi dari seorang anggota BPBD Konawe, Nerianto, pada senin (2/11/2020) malam, sekitar pukul 19.30 wita melalui comm Center Basarnas. Dalam laporan itu, korban Ahmad Rianto tenggelam usai terseret arus sungai Konaweha. Warga setempat sudah melakukan pencarian terhadap korban namun tidak berhasil ditemukan.

“Berdasarkan laporan tersebut, pada pukul 19.50 Wita Tim Rescue diberangkatkan menuju LKK dengan menggunakan satu unit rescue car, satu unit ambulance dan membawa satu unit rubber boat beserta peralatan pendukung keselamatan lainnya,” ungkapnya.

Dari keterangan warga, korban bermaksud pergi berenang di Sungai Konaweha bersama tiga rekannya yakni Aditya, Asrifal, dan Supriadi, pada pukul 16.00 wita. Namun, diduga karena arus di sungai saat itu deras, sehingga menyeret keempat pemuda yang sedang berenang di tempat tersebut.

Dari empat orang itu, tiga pemuda berhasil diselamatkan warga. Sementara korban Ahmad Rianto terseret arus sungai dan tenggelam hingga kemudian ditemukan pada Selasa siang. (B)

Reporter: Laode Ari

Editor: Wulan

BasarnasKota KendariPemuda yang Tenggelam saat Berenang di Sungai Konaweha Ditemukan Meninggal DuniaSultra