Mahasiswanya USN dan UHO Kompak Bangun Persaudaraan

Foto bersama panitia kegiatan, Ketua KKW, La India), para kepala desa, tokoh adat, dan tokoh pemuda. Foto: Ist. 

BUTON TENGAH, LENTERASULTRA.COM – Masiswa Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka dan Mahasiswa Universitas Haluole (UHO) Kendari yang tergabung di Himpunan Pelajar dan Mahasiswa Wasilomata (Hippmata), kompak menggelar turnamen. Hal ini dilakukan untuk membangun persaudaraan dan kekompakan rumpun Wasilomata.

Turnamen yang berlangsung selama 20 hari ini mempertandingkan empat jenis lomba, yakni Lomba Bola Vutsal, Voly Putra dan Putri, Lari Sarung dan Hafalan Ayat-Ayat suci Al Quran.

Ketua panitia kegiatan yang sekaligus Ketua Hippmata, Ruslin mengatakan, kegiatan mahasiswa ini digelar semata-mata untuk mempererat tali silaturahmi antar masyarakat serumpun Wasilomata. Sekaligus memberikan motivasi kepada pelajar dan pemuda, bahwa peran pemuda sangat penting dalam kemajuan desa dan rumpun kedepannya.

“Tahun ini sebagai awal kami baru laksanakan di tiga desa dulu. Kedepannya kami akan undang semuanya yakni 8 desa yang tergabung dalam rumpun,” tuturnya saat dikonfirmasi oleh rekan media saat menggelar ramah-tamah penutupan kegiatan, Minggu (31/10/2020).

Sementara itu, Ketua Kerukunan Keluarga Wasilomata (KKW), La India mengatakan, pihkaanya sangat mengapresiasi langkah yang diambil oleh mahasiswa. Karena selama ini keterlibatan pemuda dalam kegiatan sudah mulai berkurang, lebih terutama  kegiatan pelestarian adat.

“Muda-mudahan dengan adanya kegiatan ini, bisa memotivasi para pemuda untuk peduli dan melestarikan kebudayaan Wasilomata, dan ked epan mudah-mudahan lebih meriah dan memperbanyak lagi lomba-lomba tradisionalnya,” pungkasnya.

Untuk diketahui, rumpun Wasilomata terbagi atas delapan desa, yakni Desa Matara, Wasilomata 1, dan Wasilomata 2, Kaicebungi, Wakambangura 1, Wakambangura 2, Mapalenda, dan Oengkolaki. (B)

Reporter: Ali Tidar

Editor: Wulan

Buton TengahMahasiswanya USN dan UHO Kompak Bangun PersaudaraanSultra