Aplikasi Kekal Permudah ASN Bombana Bekerja dari Rumah

Pemerintah Kabupaten Bombana saat membuka acara surat elektronik (Surel) untuk memudahkan ASN bekerja dari rumah melalui aplikasi Kekal. Foto: Istimewa.

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Akibat pandemi Covid-19 yang tak kunjung mereda, aktifitas perkantoran di Kabupaten Bombana terkendala. Pasalnya, aparatur sipil negara (ASN) mulai khawatir melakukan aktivitas di kantor, sebab tak ingin menjadi korban baru keganasan virus tersebut.

Kondisi itu dianggap serius oleh Kepala Dinas Kominfo Bombana, Kalvarios Syamruth. Untuk tetap menjalankan aktivitas dengan baik, ia membuat sebuah gagasan atau ide dalam bentuk aplikasi yang diberi nama “Kendali Kinerja Virtual”.

Ide aplikasi Kekal tersebut dilakukan agar aparatur sipil negara (ASN) di Kabupaten Bombana tetap menjalankan tugas dan tanggung jawab sesuai dengan persyaratan kinerja dan standar operasional yang ditetapkan dan dikontrol oleh atasan langsung.

“Aplikasi tersebut dapat membantu memantau kehadiran, keberadaan, ketepatan memasukan laporan hasil pekerjaan dan menilai sejauh mana target kinerja bawahan telah dilaksanakan sesuai dengan perjanjian kinerja yang telah disepakati bersama,” tegasnya.

Ia pun menilai, aparatur sipil negara di Kabupaten Bombana selama ini terbelenggu dengan sistem kerja yang “behind a table”. Seharusnya, mereka bisa bekerja dari mana saja, kapan saja dan mampu menjalankan tugas dan fungsinya sebagaimana yang digariskan dalam peraturan.

“Adanya aplikasi tersebut, ASN yang bekerja di beberapa organisasi perangkat daerah dapat melakukan pekerjaan dari luar ruang kantor dengan pertimbangan keluar dari kejenuhan dan rutinitas jam kerja kantor, membatasi tatap muka dengan pihak lain,” kata Kalvarios.

Keinginan Kalvarios Syamruth untuk memberikan jalan tengah melalui proyek perubahan itu dilakukan agar ASN tidak meninggalkan kewajiban mereka. Terutama dalam memberikan pelayan publik yang profesional, berintegritas dan memiliki disiplin secara maksimal untuk kepentingan organisasi dan pelayanan publik secara tidak langsung.

Untuk kelancaran dan terjaminnya kendali kinerja virtual tersebut akan dikelolah oleh Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bombana bekerjasama dengan Dinas Kominfo Kabupaten Bombana beserta seluruh bagian/sub bagian kepegawaian di seluruh OPD Kabupaten Bombana

“Dengan metode kerja dari rumah bagi menggunakan aplikasi kereta si maya, Kabupaten Bombana akan menjadi daerah pertama di Sulawesi Tenggara bahkan di wilayah Indonesia Timur yang menerapkan sistem kendali kinerja secara virtual,” pungkasnya. (C)

Reporter: Herlis Onputo Sangia

Editor: Wulan

Aplikasi Kekal Permudah ASN Bombana Bekerja dari RumahBombanaSultra