Anak Penjual Ikan Keliling jadi Wisudawan Terbaik UHO

Mariani, S.Ak, anak penjual ikan keliling di Baubau yang meraih gelar wisudawan terbaik UHO. Foto: Istimewa. 

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Meraih gelar wisudawan terbaik di tingkat universitas dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,94, membuat Mariani, S.Ak, tak bisa membendung air mata, saat membawakan kata sambutan dalam acara wisuda di Auditorium Mokodompit Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Rabu (19/08/2020). Berasal dari keluarga biasa, tidak menyurutkan semangat berprestasi perempuan asal Baubau ini untuk menyelesaikan studi hanya dengan waktu tiga tahun 10 bulan.

Mahasiswa jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) tersebut teringat ayah dan ibunya. Sebab keduanya tidak bisa mendampingi dirinya di moment bahagia itu. Ayahnya sejak beberapa tahun terakhir terbaring sakit. Sementara ibunya harus bekerja keras menghidupi keluarga dengan tiga anak dengan berjualan ikan keliling.

“Spesial untuk bapak dan mamaku, terima kasih atas ketulusan, keiklasan dan cinta yang kalian berikan selama ini. Saya berbicara di depan ini, di hadapan orang-orang hebat, karena jerih payah dan tetes keringat yang kalian keluarkan,” ungkapnya.

Mahasiswa berkelahiran Labuantae, 15 Mei 1998 ini menempuh pendidikan S1 di UHO melalui jalur bidikmisi. Selain berprestasi, ia juga aktif dalam organisasi Mahasiswa Pecinta Mushola (MPM) Nurul Abdi FEB dan UKM UK-Kerohanian UHO.

Ia pun berpesan kepada mahasiswa UHO lainnya agar tidak patah semangat dalam menggapai mimpi dan cita-cita.

“Jika kita yakin, Inshaallah akan ada petunjuk, kemudahan dan cahaya terang dari Sang Pencipta,” tutupnya.

Usai menamatkan  pendidikannya di kampus terbesar Sultra tersebut, Mariani berencana untuk bekerja agar dapat membantu orang tua dan membiayai kedua adiknya yang kini sementara kuliah dan duduk di bangku SMP.

“Rencananya saya mau lanjut sekolah S2, tapi saya mau kerja dulu sekaligus bantu mama supaya bisa biayai adik-adikku yang sementara sekolah itu,” tukasnya. (B)

Reporter: Herlis Omputo Sangia

Editor: Wulan

Anak Penjual Ikan Keliling jadi Wisudawan Terbaik UHOKota KendariSultraUHOwisudawan terbaik