Merah Putih Berkibar di Puncak Wakila Muna

Sang merah putih berkibar di Puncak Wakila. Foto: Istimewa.

MUNA, LENTERASULTRA.COM – Pajero Owners Community (POC) Sultra memiliki cara sendiri untuk memeriahkan HUT RI ke-75. Mereka mengibarkan bendera merah putih di Puncak Wakila, yang terletak di Desa Kondongia, Kecamatan Lohia, Kabupaten Muna, Senin (17/08/2020).

Sejak pukul 09.00 Wita, sekelompok masyarakat telah memadati destinasi wisata baru tersebut. Upacara penaikan Sang Merah Putih dilakukan setelah 55 orang anggota Pajero Owners Community Indonesia menggunakan 11 unit Pajero berhasil mendaki di puncak dengan ketinggian 420 meter di atas permukaan laut.

Tepat pukul 11.00 Wita, pengibaran bendera dilakulan oleh dua orang anggota POC diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya oleh masyarakat. Sementara pembina upacara tersebut yakni Ketua Chapter POC Sultra, Andi Irfan dan pemimpin upacara Road Captain POC, Hendrawan.

“Kita pilih puncak Wakila karena di sini tempatnya sangat sangat indah. Kita juga kaget lihat anak-anak kecil berbaris. Berarti antusias masyarakat Kondongia terhadap upacara penaikan bendera ini luar biasa,” ujar Hendrawan.

Ratusan warga yang tergabung dalam upacara tersebut berasal dari Himpunan Pemuda Pelajar Mahasiswa Desa Kondongia (Hippmasangia), masyarakat Kondongia dan siswa-siswi dari sekolah dasar (SD). Upacara tersebut dilakukan sebagai bentuk kepedulian dan penghargaan terhadap perjuangan para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan RI.

“Semua orang punya cara untuk ikut upacara. Tidak mesti di kantor-kantor atau intansi. Kalau masyarakat dan Hippmasangia sendiri memang rencananya akan upacara di puncak Wakila lagi. Kebetupan ada teman-teman dari POC juga yang ikut,” ujar Ketua Hippmasangia, Delfin.

Ia berharap masyarakat dari berbagai elemen memiliki jiwa patriotisme dan satu kesatuan agar dapat memahamai esensi perjuangan yang telah dilakukan oleh para pendahulu. Tanpa persatuan dan jiwa patriotisme Indonesia tidak akan merdeka. (B)

Reporter: Herlis Omputo Sangia
Editor: Wulan

Merah Putih Berkibar di Puncak Wakila MunaMunaRahaSultra