Pejabat AS Bobol Konsulat China di Houston

 

                                                                                                                                                                   Presiden AS Donald Trump —ist–

HOUSTON, LENTERASULTRA.COM – Sejumlah pejabat Amerika Serikat membobol salah satu pintu di gedung konsulat China di Houston, Texas, yang sudah ditutup pada Jumat 24 Juli 2020.

Melansir AFP sebagaimana dikutip Asiatoday.id, peristiwa terjadi kurang dari satu jam usai seluruh staf konsulat mengosongkan bangunan tersebut.

Diyakini berasal dari Kementerian Luar Negeri AS, sejumlah orang terlihat memasuki fasilitas tersebut pada pukul 17.00 waktu setempat. Menurut laporan Houston Chronicle, mereka masuk usai membobol pintu belakang dengan menggunakan tang.

Upaya pembobolan tersebut direkam dalam video yang beredar luas di media sosial. Dalam video terlihat sekelompok orang mengelilingi gedung konsulat untuk mencari akses masuk.

Kepolisian setempat juga terlihat berada di lokasi. Mereka mengamankan area sekitar gedung saat para pejabat AS berusaha membobol pintu. Seluruh staf diplomatik China telah meninggalkan gedung konsulat di China sekitar pukul 16.00.

Metode masuk ke gedung konsulat di Houston mirip saat pejabat AS memaksa masuk ke kediaman konsul jenderal Rusia di Seattle pada 2018. Saat itu, AS mengusir sekitar 60 staf diplomatik Rusia.

Konsulat China di Houston ditutup atas perintah Presiden AS Donald Trump pada Rabu kemarin. Trump memberikan waktu 72 jam kepada Beijing untuk mengevakuasi seluruh personelnya.

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengatakan penutupan tersebut penting untuk “melindungi kekayaan intelektual Amerika” dari kegiatan espionase China.

Beijing telah merespons langkah AS, dengan memerintahkan penutupan konsulat AS di Chengdu. China menyebut penutupan konsulat di Chengdu adalah “respons yang diperlukan” untuk merespons “aksi tak beralasan” Washington. (ATN)

China