Sungai Lasolo Meluap, Ratusan Warga di Dua Desa Dievakuasi

Tim Rescue Pos Unit Siaga SAR Konawe Utara saat melakukan evakuasi terhadap warga terdampak banjir. Foto: Istimewa. 

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Intensitas hujan yang tak kunjung berhenti menyebabkan Sungai Lasolo yang berada di Desa Labungga, Kecamatan Andowia, Kabupaten Konawe Utara, meluap sejak pukul 05.00 Wita, Selasa (14/07/2020). Akibatnya ratusan warga dari dua desa dievakuasi.

Kepala Basarnas Kota Kendari, Aris Sofinggi mengatakan, usai mendapat laporan dari Camat Andowia, Hasrat pada pukul 10.50 Wita, pihaknya langssung mengirim tim ke TKP menggunakan satu unit rescue car membawa satu unit rubber boat beserta perlengkapan pendukung lainnya.

Berdasarkan data sementara, 368 KK terdampak. Mereka berasal dari dua desa yakni desa Desa Laronanga sebanyak 123 KK dan Desa Labungga 91 KK.

“Mereka telah dievakuasi secara mandiri di tempat pengungsian yang telah disiapkan oleh pemerintah daerah setempat dan dievakuasi mandiri di Huntara,” ujarnya.

Sementara itu, salah seorang warga yang berada di sekitaran lokasi, Asbari mengatakan, akibat banjir ini aktivitas masyarakat lumpuh total. Warga juga masih was-was dengan adanya banjir susulan.

“Masih rawan, karna meluap itu sungai tadi subuh. Macet aktifitas kita disini,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Kelas II, Adi Istyono dalam rilisnya mengatakan, wilayah Konawe Utara masih berpotensi dilanda hujan. Ia mengimbau agar masyarakat tetap waspada.

“Untuk beberapa wilayah termaksud Konawe Utara dan sekitarnya masih berpotensi terjadi hujan disertai guntur dan angin kencang,” katanya. (A)

 

Reporter: Herlis Omputo Sangia

Editor: Wulan

banjirkonawe utarRatusan Warga di Dua Desa DievakuasiSultraSungai Lasolo Meluap