992 Nelayan Buteng Dapat BLT dari Kemensos

Bupati Buton Tengah (Buteng) Samahuddin, saat memberikan dana BLT dari Kemensos kepada nelayan di Kecamatan Lakudo. Foto: Istimewa.

BUTON TENGAH, LENTERASULTRA.COM – Sebanyak 992 nelayan yang terkena dampak Covid-19 di Kabupaten Buton Tengah (Buteng), mendapat Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Kementrian Sosial. Penerima bantuan tersebut tersebar di 7 kecamatan yakni Kecamatan Gu 91 orang, Lakudo 238, Sangia Wambulu 37, Mawasangka 274, Mawasangka Tengah 79, Mawasangka Timur 80 dan Talaga Raya 193 orang.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Buteng Muh. Rizal mengatakan, penerima BLT tersebut terhitung tiga bulan yakni mulai dari April hingga Juni dengan besaran Rp600 ribu per bulan.

“Jadi yang mereka terima ini sebanyak Rp1,8 juta per orangnya, dan diberikan tunai di setiap kantor kecamatan, dengan membawa alat bukti berupa KTP dan kartu kelurga,” tuturnya, Selasa (14/7/2020).

Rencananya, bantuan tersebut akan diberikan hingga akhir tahun, sehingga bagi masyarakat nelayan dan belum menerima manfaat sama sekali, diharapkan segera melaporkan diri ke dinas terkait untuk dilakukan pendataan dan penginputan kembali.

“Jadi pada periode berikutnya mereka sudah diterimakan. Karena kami sampai saat ini masih melakukan pembaharuan data,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Buteng, Samahuddin menegaskan, jika penerima manfaat ini telah terdaftar juga sebagai penerima BLT dana desa, maka kedepannya yang bersangkutan tidak lagi menerima BLT DD.

“Tapi kalau si penerima tersebut telah terdaftar masuk dalam PKH, BNPT, dan yang lainnya selain dari dana desa, maka si penerima akan digantikan oleh nelayan yang lain yang sudah terdaftar tapi belum keluar namanya. Jadi kalau memang dia nelayan dan belum terdaftar, segera mengurus, supaya didata, sehingga berikutnya mereka bisa dapat bantuan lagi,” paparnya. (C)

 

Reporter: Ali Tidar

Editor: Wulan

992 Nelayan Buteng Dapat BLT dari KemensosBLTbutenglakudosamahuddinSultra