Lagi, Nakes di Buton Dinyatakan Positif Covid-19

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Buton, dr. Hayun, saat konfrensi pers. Foto: Safrin/Lenterasultra.

BUTON, LENTERASULTRA.COM – Kasus baru positif Covid-19 di Kabupaten Buton hari ini bertambah dua orang. Satu diantara dua positif ini merupakan tenaga kesehatan (nakes) klaster RSUD. Sebelumnya, sebanyak 28 Nakes di Buton dinyatakan positif Covid-19.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Buton, dr. Hayun mengatakan, dua orang tersebut yakni laki-laki (25), yang merupaan Nakes klaster RSUD, dan perempun (25) sporadis. Hingga saat ini total pasien Covid-19 di Buton berjumlah 38 orang.

Dokter Hayun mengatakan, sebelum diambil tes swab, Nakes tersebut dilakukan rapid test dengan hasil reaktif, sehingga dilakukan pengambilan sampel swa tenggorok, dan hasilnya juga positif. Sedangkan satu sporadis diketahui karena mengalami gejala sesak nafas sehingga diambil tes swab dan hasilnya positif. Kedua pasien merupakan warga Kecamatan Pasarwajo.

Saat ini Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Buton telah melakukan rapid tes kepada 1.064 orang. Sedangkan swab tes sebanyak 115 sampel dengan hasil positif sebanyak 38 orang. Total PDP satu orang, ODP satu orang dan OTG sebanyak 65 orang.

“Kita rencanakan hari sabtu dan minggu ini, akan dilaksanakn follow up (swab ulang) terhadap 30 pasien yang positif sebelumnya, agar diketahui apakah hasil swabnya negatif atau tetap positif,” tuturnya.

Ia megimbau kepada seluruh masyarakat agar selalu waspada dan menjaga jarak, pakai masker dan ikuti protokol kesehatan. (B)

 

Reporter: Safrin

Editor: Wulan

LagiNakes di Buton Dinyatakan Positif Covid-19