27 Tenaga Kesehatan di Buton Positif Covid-19

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Covid-19 Kabupaten Buton, dr. Hayun. Foto: Istimewa.

BUTON, LENTERASULTRA.COM – Sebanyak 30 orang di Kabupaten Buton hari ini (18/-06/2020) dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan uji swab tenggorok. Mirisnya, 27 diantaranya merupakan tenaga kesehatan (Nakes) yang bertugas di RSUD Buton. Sementara tiga orang lainnya merupakan PDP yang tengah dirawat di RSUD Buton, dan satu warga Kota Baubau.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Covid-19 Kabupaten Buton, dr. Hayun menyebutkan, sebelumnya sebanyak 47 orang dilakukan swab tenggorok pada 12 Juni lalu. Hari ini RSUP Bahteramas mengeluarkan hasil labolatorium dan mengumumkan bahwa 30 diantaranya dinyatakan positif Covid-19 klaster sporadis.

Dengan adanya 30 kasus baru ini, menambah jumlah kasus positif di Buton menjadi 36 kasus. Namun ditegaskan dr. Hayun, seluruh pasien positif Covid-19 dalam kondisi baik dan stabil.

Para pasien yang terkonfirmasi positif tersebut selanjutnya akan dikarantina mandiri di Rumah Susun Pemerintah Daerah Buton mulai Jumat, 19 Juni 2020.

Dengan banyaknya kasus sporadis di Kabupaten Buton, dr. Hayun mengimbau kepada seluruh masyarakat agar selalu waspada, jaga jarak, menggunakan masker, selalu cuci tangan dan tetap di rumah bila tidak ada kebutuhan mendesak. Selain itu ia juga meminta kesadaran masyarakat untuk melakukan tes swab apabila merasa pernah kontak langsung dengan pasien positif Covid-19.

“Saya juga imbau kepada masyarakat untuk melapor diri agar di lakukan tes swab, bagi yang merasa diri pernah kontak dengan pasien yang terkonfirmasi positif,” tuturnya. (B)

Reporter: Safrin

Editor: Wulan

27 Tenaga Kesehatan di Buton Positif Covid-19BaubauButonKota KendariSultra