Tiga Hari di Morosi, Pasien Positif Covid-19 Dijemput Satgas

Foto: Ilustrasi.

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Tiga hari berada di Morosi untuk bekerja di sebuah perusahaan tambang, HG (22) akhirnya dijemput paksa Gugus Tugas Covid-19 Konawe Selatan, pada Minggu (14/06/2020). Hal ini dilakukan setelah HG dinyatakan positif terpapar Covid-19 pada hari yang sama.

“Benar warga kami yang terkonfirmasi positif pada 14 Juni lalu adalah laki-laki berinisial HG (22) dari Desa Kiaea, Kecamatan Palangga, Kabupaten Konawe Selatan. Dia dijemput di kosnya di Morosi hari itu juga oleh Tim Satgas,” ujarnya, Selasa (16/06/2020).

Ia mengatakan bahwa HG merupakan karyawan di salah satu perusahaan tambang di Morosi dan telah bekerja sejak Oktober 2019. Sekitar enam bulan bekerja, HG diliburkan oleh pihak perusahaan karena pandemi Covid-19.

“Sejak  April 2020 dia sudah diliburkan tapi masih tinggal di kosnya di Morosi. Dia pulang di kampung, di Desa Kiaea nanti 24 Mei 2020,” ungkap Annas.

Sekitar 18 hari di kampung halaman, tepatnya Rabu, (10/06/2020), pasien HG kembali ke Morosi untuk bekerja. Namun ia tidak membawa hasil rapid test. Di hari yang sama, ia kembali ke Kendari untuk mengurus rapid tes sesuai arahan perusahaan.

“Dia kembali ke Kendari untuk rapid test. Dia rapid itu di Rumah Sakit Aliyah. Hari itu juga hasil keluar dan dinyatakan reaktif rapid tes,” pungkasnya.

Guna mengantisipasi adanya kemungkinan terburuk, keesokan harinya tepatnya Kamis (11/06/2020) HG kemudian dilakukan swab di Rumah Sakit Kota Kendari. Ironisnya, bukannya dikarantina karena reaktif rapid test, HG justru bebas melakukan perjalanan untuk kembali ke kosnya di Morosi. Ia hanya diminta untuk tetap tinggal di dalam kos sebelum hasil swab keluar.

“Hari Minggu (14/06/2020) hasil swab HG keluar dan dinyatakan positif. Hari itu juga, pasien dijemput dan dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah Konawe Selatan,” katanya.

Saat ini Gugus Tugas Percepatan Penanangan Covid-19 Konawe Selatan sedang melakukan isolasi, menjaga ketat dan mengawasi lima orang yang diduga kontak erat dengan HG. Mereka adalah sanak keluarga dan akan dilakukan swab tenggorok pada Kamis (18/06/2020). (B)

 

Reporter: Herlis Omputo Sangia

Editor: Wulan

konaweKota KendariMorosiPasien Positif Covid-19 Dijemput SatgasSultraTiga Hari di Morosi