Deretan Perguruan Tinggi Indonesia Masuk 200 Terbaik di Asia

 

Lembaga Peringkatan Perguruan Tinggi UniRank. —ist—

JAKARTA, LENTERASULTRA.COM – Perguruan Tinggi di Indonesia kian diperhitungkan di kancah Asia dan global.

Lembaga pemeringkatan perguruan tinggi UniRank, baru saja merilis deretan perguruan tinggi terbaik di Asia tahun 2020.

Mengutip Asiatoday.id, sebanyak 18 dari 573 perguruan tinggi di Indonesia yang dinilai, berhasil masuk daftar 200 perguruan tinggi terbaik di Asia versi pemeringkatan tersebut.

Universitas Gadjah Mada (UGM) makin kokoh berada di peringkat pertama perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi UniRank, sama seperti tahun sebelumnya. Di tingkat Asia, kampus yang mendapatkan peringkat pertama di Indonesia versi QS World University Ranking ini menduduki peringkat ke-18 Asia versi UniRank 2020.

Pada tahun ini, terjadi beberapa perubahan pada peringkat di bawahnya. Sejumlah perguruan tinggi ada yang bergeser dan berganti posisi dibandingkan dengan 2019.

Seperti, Universitas Indonesia (UI) yang naik dari peringkat 3 terbaik Indonesia menuju peringkat dua (peringkat ke-24 Asia) pada tahun ini. Peringkat dua yang sebelumnya diduduki Universitas Brawijaya (UB), kini UB harus bergeser ke peringkat ke lima (peringkat ke-66 Asia).

Progres positif ditunjukkan oleh Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Kampus di Bandung ini tahun lalu berada di peringkat 11, kini melesat ke peringkat 3.

Tak seperti lembaga pemeringkat perguruan tinggi lain yang menggunakan pendekatan akademik dalam memberi penilaian. UniRank justru secara unik menilai prestasi perguruan tinggi melalui kepopuleran situs website masing-masing kampus berdasarkan traffic, kualitas situs, dan validitas isinya.

UniRank merupakan suatu mesin pencari dan direktori yang melakukan penilaian berdasarkan kepopuleran situs yang dimiliki oleh 13.600 perguruan tinggi di seluruh dunia yang telah terakreditasi dan tersebar di 200 negara.

UniRank hanya memeringkat lembaga pendidikan tinggi dunia yang memenuhi persyaratan. Di antaranya secara resmi diakui, dilisensikan dan atau diakreditasi oleh badan nasional atau regional seperti Kementerian Pendidikan Tinggi atau organisasi akreditasi yang diakui pemerintah setempat.

Perguruan tinggi juga secara resmi dilisensikan atau diotorisasi untuk memberikan setidaknya gelar sarjana empat tahun (Gelar Sarjana) dan atau gelar pascasarjana (Gelar Master dan Doktor). Selain itu, menyediakan kursus pendidikan tinggi terutama dalam format pembelajaran tatap muka tradisional yang disampaikan melalui fasilitas kampus.

Berikut deretan perguruan tinggi Indonesia dalam daftar 200 terbaik di Asia versi uniRank 2020:

  1. Universitas Gadjah Mada: 18
  2. Universitas Indonesia: 24
  3. Universitas Pendidikan Indonesia: 29
  4. Universitas Diponegoro: 59
  5. Universitas Brawijaya: 66
  6. Universitas Negeri Yogyakarta: 72
  7. Universitas Lampung: 90
  8. Universitas Airlangga: 98
  9. Institut Pertanian Bogor: 107
  10. Universitas Negeri Semarang: 120
  11. Universitas Muhammadiyah Surakarta: 131
  12. Institut Teknologi Bandung: 152
  13. Universitas Negeri Malang: 154
  14. Universitas Sumatera Utara: 160
  15. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta: 165
  16. Universitas Bina Busantara: 187
  17. Universitas Telkom: 191
  18. Institut Teknologi Sepuluh Nopember: 197. (ATN)
Perguruan Tinggi