Google For Education Siap Diterapkan di NTB

 

Gubernur NTB Zulkieflimansyah saat melakukan Vidio Comference tentang teknologi pendidikan dengan Chroomebook dari Google. –ist–

JAKARTA, LENTERASULTRA.COM – Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Dr. H. Zulkieflimansyah menyambut antusias Teknologi Pendidikan dengan Chroomebook dari Google, untuk diterapkan di daerahnya.

Pasalnya, teknologi tersebut akan sangat memberi nilai tambah dan manfaat bagi masyarakat setempat.

Gubernur Zulkifli mengungkapkan hal itu melakukan Video Conference tentang Teknologi Pendidikan dengan Chroomebook dari Google, di kantornya, Senin (8/6/2020).

“Kami kalau berbicara teknologi dan inovasi sangat terbuka, karena NTB tahun 2021 juga akan menjadi tuan rumah Moto GP dan Lombok dikenal sebagai destinasi wisata kelas dunia,” kata Zulkifli sebagaimana keterangan tertulis Humas NTB dikutip Asiatoday.id, Senin (8/6/2020).

Dikatakan bahwa, Google For Education merupakan gabungan perangkat Pendidikan yang dapat digunakan secara bersama. Ini merupakan aplikasi kolaborasi dan pendukungan pembelajaran yang dapat
digunakan dengan cepat dan mudah oleh guru dan siswa.

Beberapa teknologi yang termasuk dalam Google For Education sendiri adalah, aplikasi produktivitas dengan G-Suite for Education, Perangkat Pendidikan dengan Google Chromebook dan Aplikasi Interaksi Kelas dengan Google Classroom.

Hal ini merupakan solusi Pendidikan dengan Teknologi Google yang juga dapat mendukung Peningkatan Mutu Pengajaran dengan menggunakan Google yang dapat dimanfaatkan oleh guru dan sekolah. Diantaranya adalah Program Pelatihan dan Sertifikasi untuk Pengajar, dan Komunitas Pengajar Google (Google Educator Group).

Google Classroom

Mengutip Google, dijelaskan bahwa Google Classroom merupakan kelas membantu pengajar menghemat waktu, menjaga kelas tetap teratur, dan meningkatkan komunikasi dengan siswa.

Kelas merupakan alat baru di Google Apps for Education yang membantu pengajar untuk membuat dan mengatur tugas dengan cepat, memberi masukan secara efisien, dan berkomunikasi dengan mudah dengan kelasnya. Kelas membantu siswa untuk mengatur tugasnya di Google Drive, menyelesaikan dan menyerahkannya, serta berkomunikasi secara langsung dengan pengajar dan teman-teman.

Membuat dan mengumpulkan tugas Aplikasi Kelas memadukan Google Dokumen, Drive, dan Gmail untuk membantu pengajar membuat dan mengumpulkan tugas tanpa menggunakan kertas.

Pengajar dapat dengan cepat melihat siapa yang sudah atau belum menyelesaikan tugas, dan memberi masukan dalam waktu nyata langsung kepada setiap siswa.

Meningkatkan komunikasi di kelas Pengajar dapat membuat pengumuman, mengajukan pertanyaan, dan memberi komentar kepada siswa dalam waktu nyata, sehingga meningkatkan komunikasi di dalam dan luar kelas. Tetap teratur Aplikasi Kelas membuat folder Drive secara otomatis untuk setiap tugas dan untuk setiap siswa. Mereka dapat dengan mudah melihat tugas yang harus diserahkan di laman Tugas. (ATN)

Teknologi Pendidikan