Pekerja VDNI yang Tenggelam Ditemukan Meninggal Dunia

Korban saat dievakusi oleh tim SAR. Foto: Istimewa.

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Satu pekerja PT Virtue Dragon Nickel Industry (VDNI) bernama Syaiful (40) yang dilaporkan tenggelam saat memperbaiki tongkang, kini sudah ditemukan. Sayangnya korban sudah dalam kondisi meninggal dunia.

Jenazah Syaiful ditemukan mengapung di permukaan tak jauh dari lokasi korban sebelumnya dilaporkan tenggelam. Tubuh korban ditemukan oleh tim SAR sekitar pukul 16.15 Wita, saat melakukan pencarian di sekitar area dermaga smelter PT VDNI.

“Korban ditemukan dalam kondisi meninggal dunia, terapung di permukaan sekitar 0,20 nauticale mile dan langsung dievakuasi ke darat menuju RS Bhayangkara Kendari,” ungkap Kepala Basarnas Kendari, Aris Sofingi, Jumat (5/6/2020).

Aris menjelaskan, beberapa kendala yang dihadapi petugas saat melakukan pencarian terhadap korban, yakni kondisi air yang keruh, hujan, dan arus bawah yang kuat karena aktivitas kapal yang keluar masuk di wilayah dermaga.

Kondisi itu membuat pencarian korban memakan waktu hingga dua hari sejak tim SAR melakukan pencarian. Tim kemudian dibagi menjadi tiga.

“Tim satu Melakukan penyisiran di permukaan sekitar perairan dermaga smelter dengan menggunakan rubber boat. Tim dua melakukan penyelaman di sekitar tempat terakhir korban terlihat. Tim tiga Melakukan penyisiran diwilayah pesisir kiri dan kanan dermaga,” jelasnya.

Sebelumnya korban dilaporkan tenggelam saat melakukan perbaikan bagian bawah kapal tongkang milik PT VDNI. Dengan menggunakan kompresor, pada saat itu korban melakukan penyelaman di bawah. Namun alat kompresor yang digunakan mengalami trouble sehingga selang ditarik oleh rekan korban dan korban tidak muncul dipermukaan. (B)

Reporter: Laode Ari

Editor: Wulan

konaweKota KendariPekerja VDNI yang Tenggelam Ditemukan Meninggal Duniapt vdniSultra