Berdamai dengan Corona, Satgas Mubar Siap Hadapi New Normal

Foto: Ilustrasi.

MUNA BARAT, LENTERASULTRA.COM – Tak ingin berlarut-larut dengan Covid-19 yang mewabah, pemerintah pusat mencanangkan persiapan pola hidup baru yang beradaptasi dengan pandemi. Meski tidak semua wilayah memenuhi standar pemberlakukan, Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 Kabupaten Muna Barat sudah siap jika wilayah tersebut diberlakukan new normal.

Hal ini diungkapkan oleh Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Muna Barat, Rahman Saleh. Kabupaten Muna Barat siap mengikuti kebijakan tersebut dengan melakukan beberapa langkah.

“Kesimpulannya Muna Barat siap memberlakukan new normal kalau sudah ada keputusan pemerintah pusat. Tim Gugus Tugas Mubar melalui Ketua Gugus memberikan instruksi bahwa deteksi dini dan pencegahan tetap dilakukan dengan Muna Barat bermasker, rajin cuci tangan, hindari kontak fisik, hindari keramaian, mengkonsumsi makanan bergizi, olah raga dan istrahat yang cukup”, bebernya.

Namun hingga saat ini belum ada keputusan pasti di Muna Barat terkait hal itu. Pemberlakukan new normal masih menunggu keputusan dari pemerintah pusat.

“Untuk pemberlakuan new normal di Muna Barat sendiri menunggu keputusan pusat. Belum ada kebijakan itu. Hari ini masih video konferensi terkait new normal”, imbuhnya.

Untuk diketahui, kedisiplinan masyarakat menjalankan protokol kesehatan menjadi kunci penerapan new normal. Pemerintah pusat akan mengerahkan aparat gabungan TNI dan Polri untuk mendisiplinkan masyarakat jika new normal ini dilakukan. Sekitar 30 hingga 40 ribu personel akan diterjunkan di beberapa kabuputen/kota. Jika efektif, pengerahan TNI dan Polri tersebut akan lebih meluas ke daerah-daerah lainnya. (B)

 

Reporter: Herlis Ode Mainuru

Editor: Wulan

Berdamai dengan CoronaMuna Baratnew normalSatgas Mubar Siap Hadapi New NormalSultra