15 Hari Diisolasi di Rusun, 48 Pasien Positif Covid-19 di Bombana Dipulangkan

Heryanto, juru bicara gugus tugas percepatan penangan Covid-19 Kabupaten Bombana

LENTERASULTRA.COM- Perkembangan kasus virus corona (Covid-19) di Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara (Sultra) kini makin membaik. Selain tidak ada penambahan kasus terkonfirmasi positif pada Selasa (26/5/2020), pemerintah setempat juga menyampaikan kabar gembira terkait adanya pasien positif Covid-19 yang dinyatakan sembuh.

“Hari ini tidak ada penambahan kasus baru di Kabupaten Bombana. Alhamdulillah, kita juga berbagi kabar baik, karena ada penambahan kasus sembuh  sebanyak 48 orang, sehingga total kasus sembuh ditambah 4 kasus sembuh sebelumnya menjadi 52 orang,” kata Heryanto, juru bicara gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Bombana.

Banyaknya pasien terkonfirmasi positif yang sembuh merupakan kabar gembira bagi seluruh gugus tugas Covid-19, termasuk seluruh masyarakat, khususnya bagi penderita Covid-19 dan keluarganya. Kata Heryanto, 48 pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh usai menjalani isolasi selama 15 hari di rumah susun (Rusun) Covid-19 Kabupaten Bombana di Desa Lantowua, Kecamatan Rarowaru Utara. Setelah dinyatakan sembuh paling cepat malam ini dan paling lambat Rabu (27/5) besok, 48 pasien positif Covid-19 ini sudah bisa pulang di rumah mereka masing-masing.

“Mereka dinyatakan sembuh setelah 2 kali swab. Hasilnya diumumkan hari ini dengan hasil negatif,” kata Heryanto. 48 pasien yang dinyatakan sembuh ini dilakukan swab pertama 5 Mei 2020. Sepekan kemudian tepatnya, 12 Mei, mereka dinyatakan positif Covid-19. Mereka lalu di isolasi di rusun Covid 19 Bombana.

Mantan anggota DPRD Bombana periode 2014-2019 ini mengatakan, 48 pasien Covid-19 ini merupakan klaster dari KM. Dorolonda, Klaster Tomboro/Magetan serta pasien hasil kontak erat atau jangkitan dari transmisi lokal selama di Bombana. Rincian kasus sembuh berasal dari Desa Masaloka 6 orang, Desa Masaloka Selatan 4 orang, Desa Masaloka Barat, Kecamatan Kepulauan Masaloka Raya, 17 orang, Desa Batu Sempe 8 orang, Desa Toli – Toli Kecamatan Mataoleo 7 orang,
Desa Laea Kecamatan Poleang Selatan 2 orang, Desa Wumbulasa Kecamatan Kabaena Utara 1 orang, Desa Mapila Kecamatan Kabaena Utara 1 orang, Kelurahan Kampung Baru Kecamatan Rumbia Tengah 1 orang serta Desa Lakomea Kecamatan Rarowatu 1 orang.

Penulis : Adhi