IDI Sultra Gelar Rapid Test Covid-19 Secara Gratis

IDI Sultra saat melakukan rapid test secara gratis di Mall Mandonga. Foto: Istimewa.

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Sebagai salah satu garda terdepan penanganan Covid-19, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sultra melakukan rapid test gratis untuk masyarakat pada Minggu, (17/05/2020). Kegiatan ini dilakukan bersama Dinas Kesehatan Kota Kendari, RSUD Kota Kendari dan Satgas pemuda GTC-19 Sultra .

Ketua Satgas Covid-19 IDI Sultra, dr. Agus Purwo Hidayat, Sp.An mengatakan, kegiatan ini merupakan inisiatif dari IDI sendiri untuk membantu masyarakat Kota Kendari. Kegiatan yang dilakukan di Pasar Basah Mall Mandonga dan Pasar Anduonohu ini dikawal langsung oleh personel Polda Sutra.

“Sebanyak 100 alat rapid test atau uji cepat antibodi Covid-19 telah kita alokasikan untuk kegiatan pemeriksaan gratis ini, inisiatif terlahir dari internal IDI, sebab melihat keadaan Kota Kendari yang termasuk sebagai wilayah dengan status transmisi lokal”, ungkap dr. Agus Purwo Hidayat.

Kata dia, hasil pemeriksaannya tidak perlu menunggu waktu lama, selama 15-20 menit, hasilnya sudah dapat terdeteksi. Dari 100 pemeriksaan ini, terdapat 6 hasil rapid test yang reaktif, sementara sisanya non-reaktif.

Selain itu, Kordinator Departemen Kesehatan Satgas Pemuda GTC-19 Sultra, dr. Muh. Fadil menambahkan, bahwa Satgas Pemuda dalam kegiatan ini mengambil peran untuk mengedukasi masyarakat agar penyebaran Covid-19 tersebut dapat teridentifikasi.

“Saya berharap pemeriksaan rapid test gratis ini dapat dilaksanakan secara berkala untuk masyarakat, mengingat prinsip dari pandemi ini adalah no test berarti no case, sedikit melakukan pemeriksaan maka makin sedikit bahkan nihil jumlah kasus yang ditemukan,” imbuhnya.

Saat pemeriksaan berlangsung, masyarakat diimbau agar mematuhi anjuran-anjuran pemerintah untuk taat pada protokol kesehatan. Kerjasama dari segala pihak sangat dibutuhkan untuk saling mendukung dalam menuntaskan Covid-19 di Bumi Anoa. (P11/C)

Editor: Wulan

IDI SultraIDI Sultra Gelar Rapis Test Covid-19 Secara GratisKota KendariSultra