Bermodalkan 10 APD, Puskesmas Mawasangka Tangani Pasien Covid-19

Foto: Ilustrasi.

BUTON TENGAH, LENTERASULTRA.COM – Dihadapkan dengan empat pasien positif Covid-19, Puskesmas Kecamatan Mawasangka, Kabupaten Buton Tengah (Buteng) hanya bermodalkan 10 APD. Hal ini dikarenakan pihak Puskesma harus mematuhi SOP, bahwa penangannya pasien Covid-19 diserahkan di Puskesmas.

Kepala Puskesmas Mawasangka, Darni mengatakan 10 pasang APD tersebut dianggap sudah cukup memadai untuk menangani pasien Covid 19 tersebut sembari menunggu bantuan APD yang akan diberikan oleh Kedokteran UI dan Nusantara Sehat.

“Untuk saat ini ada 10 APD dan ada sumbangan juga dari kedokteran UI dan Nusantara Sehat, kemarin itu baru tiba satu karung dan itu isinya APD semua, tapi kami belum buka,,” tuturnya saat dikonfirmasi, Minggu (17/5/2020).

Begitu pula dengan tim medis yang akan menangani pasien tersebut, pihaknya telah menyiapkan petugas Puskesmas untuk melakukan pemantauan dan pemeriksaan perkembangan kesehatan mereka dengan bekerja sama dengan tiga Puskesmas yang ada di Mawasangka.

“Adapun tenaga medis yang akan menangani pasien Covid 19, adalah tenaga medis yang bertugas pada saat itu yakni Puskesmas Mawasangka, Wakambangura dan Puskesmas Kanapa-Napa, sudah dibagi jadwalnya,” pungkasnya.

Untuk diketahui, empat pasien yang terpapar Covid-19 khusus di Kecamatan Mawasangka dikarantina di rumah masing-masing. Namun mereka akan terus dipantau, dengan melibatkan semua stekholder, mulai dari pihak kesehatan, keamanan, pemerintah Kecamatan, sampai pemerintah desa setempat. (P3/B)

 

Editor: Wulan

Bermodalkan 10 APDbutengCovid-19Puskesmas Mawasangka Tangani Pasien Covid-19sultraa