Khawatir Covid-19, Warga Usir Kapal China di Langkat

 

Kapal China yang diusir warga Langkat Sumatera Utara di tengah laut. –ist–

LANGKAT, LENTERASULTRA.COM– Sebuah video yang merekam aksi warga memburu dan mengusir sebuah kapal yang mengangkut puluhan Warga Negara China dari perairan Pelabuhan Pangkalan Susu, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, kini tengah menjadi perbincangan publik di jagad maya.

Dalam video berdurasi 5 menit 15 detik itu terdengar suara warga dari Pulau Sembilan mengaku kesal dengan keberadaan kapal tersebut.

Wakil Kepala Polres Langkat Kompol Delami Saleh, membenarkan perihal kapal asing yang diusir warga saat mendekat ke tepi perairan Pulau Sembilan, Kecamatan Pangkalan Susu, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, pada Minggu (3/5/2020), berasal dari China.

Delami menjelaskan, kapal tersebut ingin mengangkut ikan kerapu dari keramba jaring apung milik seorang pengusaha di wilayah perairan Pulau Sembilan.

“Bukan menurunkan orang untuk mendarat,” ujarnya sebagaimana dikutip Asiatoday.id

Aksi warga Pulau Sembilan memburu dan mengusir kapal asing yang diduga berasal dari China itu lantaran warga khawatir kapal tersebut beserta krunya membawa virus corona.

“Warga khawatir akan wabah virus corona masuk ke Langkat. Oleh karena itu warga menghadang kapal asing asal China tersebut agar tidak mendarat di Langkat untuk mengangkut ikan kerapu,” jelas Delami.

Kendati tujuan kapal asal China tersebut masuk ke wilayah perairan Indonesia sudah terdeteksi, namun Delami tidak mengetahui bagaimana kapal asing tersebut bisa masuk wilayah perairan Indonesia.

Apalagi, saat ini hampir seluruh negara di dunia, termasuk Indonesia, tengah menerapkan kebijakan lockdown atau pembatasan sosial untuk mencegah penyebaran wabah virus corona, termasuk di Indonesia. (ATN)

Kapal China