Melihat Pasien Covid-19 Senam Bersama Perawat di RSUD Bahteramas

 

Saat petugas medis dan pasien covid-19 melakukan senam bersama di RSUD Bahteramas. Istinewa

KENDARI, LENTERA SULTRA.COM – Petugas Rumah Sakit Umum Daerah Bahteramas ber-APD lengkap senam bersama dengan pasien covid-19. Senam tersebut dilakukan agar pasien bisa menghirup udara segar dan tidak jenuh berada di dalam ruang isolasi, Sabtu (2/05/2020).

Tampak para pasien covid-19 mengenakan pakaian bebas sedangkan tenaga kesehatan menggunakan APD lengkap, berjoget ria bersama di lapangan terbuka dengan iringan musik. Mereka melakukan senam bersama dipandu oleh petugas kesehatan.

Senam pagi bersama pasien Covid-19 tersebut, dilakukan oleh perawat RSUD Bahteramas untuk mengurangi tingkat stres, jenuh dan suntuk selama berada di dalam ruang isolasi. Aktifitas tersebut dilakukan sebagai bentuk olahraga agar bisa menghirup udara segar ditengah pandemi covid-19.

Humas RS Bahteramas, Masita mengungkapkan bahwa senam itu sengaja dilakukan agar pasien bisa menghirup udara segar.

“Supaya pasien bisa menghirup udara segar yang selama ini berada di ruang isolasi,” ujarnya Sabtu (2/05/2020).

Dia juga menjelaskan bahwa, sebelum pasien Covid-19 mengikuti senam pagi, perawat menyampaikan beberapa SOP yang harus ditaati diantaranya mencuci tangan sebelum dan sesudah keluar ruangan, menggunakan masker dan tetap menjaga jarak. Pemilihan lokasi senam juga tidak dilakukan di tempat terbuka sebab dapat berpotensi menularkan penyakitnya kepada orang lain. Perawat RSUD Bahteramas juga sudah menyediakan APD lengkap dan memilih tempat yang tidak menjadi jalur keluar masuknya pasien dan pembesuk.

“Kami juga mengantisipasinya dengan menggunakan seragam APD lengkap baik untuk pasien maupun perawat yang ikut senam. Hal ini dilakukan karena kami punya SOP yang harus ditaati,” tutupnya. (B/P11).

Editor: Fiyy

Kota Kendaripasien covid 19RSUD Bahteramassenam bersamaSultra