Satu PDP Asal Bombana Negatif Covid-19

Heryanto Juru bicara Satgas Covid-19 Bombana

BOMBANA, LENTERASULTRA.COM- Pemkab Bombana menetapkan dua warganya sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Saat ini, keduanya dirawat di RSUD Konawe Selatan dan RS Bahteramas Kendari.
Dari dua PDP penduduk setempat, satu diantaranya dinyatakan negatif Covid-19. Sedangkan satu lainnya masih  menunggu hasil pemeriksaan dari Laboratorium Makassar.

Juru bicara satuan tugas (satgas) Penanganan Covid-19 Bombana, Heryanto memberikan update terbaru perkembangan Pandemi virus Corona diwilayahnya. Kata mantan anggota DPRD Bombana periode 2014-2019 ini, dari dua PDP Bombana, baru satu keluar hasil swab tenggorokan dari Makassar. “Untuk satu PDP, hasilnya negatif. Sudah ada hasilnya kami terima dari Lab (Laboratorium) Makassar,” kata Heryanto hari ini, Rabu (15/4/2020).

Ketua DPD Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Sultra bilang, pasien yang sudah dinyatakan negatif covid-19 ini merupakan PDP pertama yang diumumkan Satgas Covid-19 Bombana. Dia sebelumnya merupakan pasien dari RSUD Bombana sejak 5 April lalu. Tiga hari kemudian tepatnya 8 April, pasien ini dirujuk di RS Bahteramas, Kendari. Penetapan PDP terhadap pasien ini disebabkan karena saat dirawat di RS Bombana, yang bersangkutan mengalami batuk dengan suhu badan diatas 36 derajat. Selain itu, pasien tersebut memiliki perjalanan ke daerah zona merah di wilayah Sulawesi Tenggara.

Sampai hari ini, Rabu (15/2/2020), pasien tersebut masuk berada di RS Bahteramas. Statusnya pasca keluar hasil laboratorium itu, bukan lagi pasien Covid tetapi pasien umum.

Sementara satu PDP lainnya sambung Heryanto masih menunggu hasil swab tenggorokan dari Makassar. PDP asal Bombana yang belum keluar hasilnya itu, kini masih dirawat di RSUD Konsel. “Sejak empat hari lalu dirujuk. Swab tenggorokan juga sudah diambil dan dikirim di Makassar. Insya Allah dalam waktu dekat akan diterima hasilnya,” kata Heryanto, Rabu (15/4/2020).

Heryanto juga mengaku jika dirinya telah berkoordinasi dengan satgas Cobid-19 Provinsi terkait kesalahan data PDP Bombana. Data dari Provinsi untuk PDP nol, yang benar ada dua. “Saya sudah koreksi,” sambungnya. Selain itu, Heryanto juga memberi update terbaru informasi Corona virus di Bombana. Katanya, sampai Rabu (15/4/2020) sekitar pukul 12.00 wita, Kabupaten Bombana memiliki 2 orang tanpa gejala (OTG), 13 ODP, 1 PDP, 0 positif serta 284 orang selesai pemantauan.

Penulis : Adhi

BombanaCorona VirusCovid-19pdp negatifSultra