72 Penumpang Kapal Lambelu Asal Buton Diawasi Ketat

Kapal Lambelu saat menurunkan penumpang di Pelabuhan Murhum Kota Baubau, Senin 6 April 2020. Foto: Safrin/Lenterasultra.

BUTON, LENTERASULTRA.COM – Hasil rapid test awak Kapal Lambelu, terdapat 26 ABK dinyatakan positif Covid-19. Untuk itu, saat ini Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Buton 72 penumpang yang turun di Buton. Mereka tersebar di tujuh kecamatan di Buton.

Kabid Pengendalian Penyakit Dinkes Buton, Wa Ode Kiana menerangkan, saat ini pihaknya telah mengintruksikan kepada 14 Puskesmas di Buton. Guna melakukan pengawasan secara ketat dan melaporkan hasil perkembangan dari 72 warga Buton yang tiba pada 6 April lalu.

“Mereka ini tersebar di tujuh kecamatan, namun kita lakukan pengawasannya berdasarkan Puskesmas, sehingga kita bisa pantau dengan ketat,” katanya saat di konfirmasi melalui via telepon, (13/04/2020).

Wa Ode Kiana menerangkan, saat ini pihaknya telah mengambil tindakan dasar pengecekan suhu tubuh pada saat 72 penumpang tersebut masuk di wilayah Kabupaten Buton. Berdasarkan pengecekan suhu semua stabil. Mereka pun diimbau untuk karantina mandiri selama 14 hari ke depan.

Namun terdapat sedikit kendala pemeriksaan lanjutan terhadap beberapa penumpang tersebut. Dimana saat dihubungi berdasarkan nomor handphone yang terdata di KKP, kebanyakan tidak aktif lagi.

“Jadi disini kendala utama itu beberapa yang nomor hpnya tidak aktif, namun kami tetap berupaya untuk mendeteksi penumpang tersebut,” ucapnya.

Ia menambahkan, bagi 72 penumpang Kapal Lambelu yang masuk di Buton tidak dilakukan rapid test, karena penggunaannya harus berdasarkan SOP, tidak semerta-merta digunakan. Sehingga pihaknya hanya sebatas melakukan pengecekan subu tubu sebagai data awal. (B)

 

Reporter: Safrin

Editor: Wulan

 

72 Penumpang Kapal Lambelu Asal Buton Diawasi KetatButonkabuoaten butonLawan coronapasien covid-19 asal butonSultra