722 Ribu Warga Asing Masuk Indonesia Sepanjang Januari 2020, WNA China Terbanyak

 

Menkum HAM, Yasona Laoly. —ist–

JAKARTA, LENTERASULTRA.COM – Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia, Yasonna Laoly menyebutkan sebanyak 188 ribu warga negara (WNA) asal China mengakses Indonesia sepanjang Januari 2020, disaat wabah coronavirus (Covid-19) sudah mulai merebak.

Menteri Yasonna mengungkapkan hal dalam rapat kerja dengan Komisi III DPR, saat membeberkan data perlintasan WNA yang keluar dan masuk Indonesia setelah merebaknya wabah virus corona.

Selain WNA asal China yang paling banyak masuk ke Indonesia pada Januari 2020, kemudian WNA dari Singapura, Australia.

“Dari 10 negara yang masuk ke Indonesia, pertama adalah Tiongkok yaitu 188.000 orang, Singapura 130.000, Australia 120.000. Lalu Malaysia, India, Jepang, Korea Selatan, Amerika Serikat, Inggris, dan Rusia. Total keseluruhan sebanyak 722.000 orang, ”jelasnya dalam Rapat Kerja Komisi III yang berlangsung melalui teleconference seperti dikutip Asia Today.id, Rabu (1/4/2020).

Menurut Yasonna, jumlah WNA yang keluar dari Indonesia lebih banyak daripada yang masuk pada Januari 2020. Ia merinci sebanyak 788,775 WNA yang keluar dari Indonesia pada Januari 2020. Dari jumlah itu, sebanyak 195,889 merupakan WNA dari Cina.

Yasonna mengatakan, data itu berubah pada Februari 2020. Jumlah WNA asal China yang masuk Indonesia pada bulan ini menurun drastis atau tidak masuk 10 besar.

Ia menyebut penurunan yang terjadi karena keputusannya yang dikeluarkan Peraturan Menkumham Nomor 3 Tahun 2020 terkait dengan masuknya WNA ke Indonesia

“Yang 10 besar di bulan Februari itu Malaysia 91 ribu, Australia, Singapura, Jepang, India, Korea Selatan dan lain-lain,” terangnya.

Tren data yang sama terjadi pada Maret 2020. Ia mengatakan kedatangan WNA asal China sudah merosot sangat tajam.

Berbicara WNA yang datang ke Indonesia pada Maret mendatang dari Australia, Malaysia, Singapura, Jepang, India, Inggris, Amerika Serikat, Rusia, dan Jerman.

“Namun, dalam angka yang lebih kecil,” katanya.

Setelah keluar dari kebijakan mengeluarkan keluar dari WNA kata dia, pemerintah tetap memberikan pengecualian untuk WNA yang sudah memiliki Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) dan Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP).

“Bagi orang asing yang memegang visa diplomatik dan visa dinas, orang yang memiliki izin tinggal diplomatik, tenaga bantuan medis, dan uang tetap bisa masuk. Nanti kita buka itu harus sesuai dengan protokol kesehatan seperti yang berlaku, ”tandasnya. (ATN)

China