Capil Baubau Beri Pelayanan Online

 

Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Baubau, Arif Basari

BAUBAU,LENTERASULTRA.COM – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Baubau Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) dengan sistem online. Hal ini dilakukan guna memutus rantai penyebaran virus corona atau covid-19.

Kepala Dinas (Kadis) Kependudukan dan Catatan Sipil Baubau, Arif Basari mengatakan pihaknya melayani untuk pengiriman berkas melalui online seperti via whatsapp.

“Jadi kita sudah umumkan di situ dan kita sebar di grup-grup. Untuk menghindari virus corona karena kita bersentuhan langsung dengan masyarakat dan kita tidak tahu asal usul masyarakat. Mereka mengirim kita proses kita sudah selesai dan menyatakan lengkap berkasnya langsung kita whatsapp kembali untuk melakukan pengambilan”, terangnya, Selasa (24/3/2020).

Untuk proses pelayanan secara bergilir perhari tiga orang, dua orang operator dan satu orang kepala bidang yang wajib hadir.

Sementara itu, berdasarkan imbauan Dirgen Dukcapil dalam negeri pihaknya juga tidak melakukan pelayanan yang tidak terlalu penting dan mendesak.

“Yang kita layani itu yang mengurus BPJS, calon mahasiswa, yang akan buka rekening dan yang akan ikut tes,” imbuhnya.

Ia menambahkan, untuk saat ini sarana dan prasarana yang tersedia masih memadai seperti blangko Adminduk sekitar 2600 blangko yang didapat digunakan untuk melayani semua kepentingan, baik itu cetak baru, pindah masuk atau bahkan yang kehilangan KTP. (B/P11)

Editor: Fiyy

beri pelayanan onlineCovid-19Disdukcapil BaubauKota BaubauSultra