49 TKA yang Viral di Bandara HLO Dikarantina 14 Hari

 

Ist

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Sebanyak 49 Tenaga Kerja Asing (TKA) yang baru tiba melalui bandara Halu Oleo, sempat viral di sosial media. Mereka merupakan karyawan PT VDNI, perusahaan pengolahan ore nikel yang terletak di Morosi, Kabupaten Konawe Utrama.

Menanggapi hal ini Eksternal Affairs Manager PT VDNI, Indrayanto menegaskan, puluhan TKA yang bekerja di PT VDNI yang terletak di Kecamatan Morosi, Kabupaten Konawe, Sultra, saat ini masih menjalani masa karantina.

“Jumlah TKA itu 49 orang, mereka tidak langsung bekerja tetapi masih menjalani masa karantina di perusahaan selama 14 hari. Nanti setelah dikarantina dan tidak ada gejala baru bisa bekerja,” terangnya melalui sambungan telepon, Senin (16/3/2020).

Selain dikarantina, puluhan TKA ini juga sudah mendapatkan kunjungan dari dokter untuk memeriksa kondisi tubuh mereka pasca perjalanan dari Jakarta. Dokter yang melakukan pemeriksaan dari Rumah Sakit Bhayangkara.

Ia pun menjelaskan, sebelum balik ke Kendari, sudah menjalani masa karantina dan mendapatkan sertifikat sehat.

“Mereka sudah melalui tahapan-tahapan sesuai dengan standar WHO, sudah diperiksa kesehatannya sehingga sudah ada surat keterangan sehat untuk melengkapi perjalanannya,” katanya.

Lanjutnya, jika pasca dikarantina selama 14 hari dan ada yang menunjukkan gejala sakit maka pihaknya akan segera malaporkannya untuk diisolasi di rumah sakit rujukan. Ditambahkannya pula, jika para TKA itu sudah membuat surat pernyataan untuk bersedia dipulangkan.

“Sudah ada surat pernyataan jika ada yang terkena virus maka bersedia dipulangkan,” tutupnya.

Penulis: Fiyy

Covid-19Isu coronakonaweSultraTKA dikarantina