90 Persen SMA di Sultra Siap Laksanakan UNBK

 

Plt Kadis Dikbud Sultra, Asrun Lio. Foto: Istimewa.

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – 90 persen Sekolah Menengah Atas (SMA) di Sulawesi Tenggara (Sultra) siap melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun ini. Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadis Dikbud) provinsi Sultra Asrun Lio mengatakan, jumlah SMA yang akan melaksanakan UNBK tahun ini presentasinya meningkat dibandingkan tahun 2019.

“UNBK SMA tahun ini kalau dipresentasikan sudah 90 persen, jadi ada kenaikan 5 persen jika dibanding tahun lalu yang mencapai 85 persen. Sedangkan SMK sudah 100 persen sejak tahun lalu, begitu juga tahun ini,” kata Asrun saat ditemui, Kamis (5/3/2020).

Ia mengatakan, gladi persiapan UNBK di semua sekolah, baik SMA maupun SMK sudah dilakukan beberapa hari lalu, dan hasilnya secara umum berjalan lancar. Asrun memprediksi UNBK tahun ini dapat terlaksana dengan baik dan sukses.

Namun masih ada beberapa sekolah yang belum melaksanakan UNBK, karena rata-rata terkendala pada akses internet yang masih susah dan sulit untuk dijangkau karena lokasi sekolah yang berada di daerah pelosok.

“Kalau yang belum melaksanakan UNBK atau ujian nasional berbasis kertas pensil soalnya sudah di cek dan sementara perjalanan dari percetakan ke provinsi, jadi kita harapkan minggu ini semua juga sudah bisa terdistribusi,” harap Dosen Bahasa Inggris di UHO ini.

Asrun menambahkan, jumlah peserta ijian masional tingkat SMA dan SMK di Provinsi Sultra tahun ini sebanyak 42,971 siswa, terdiri aras tingkat SMA/MA sebanyak 33.287 orang dan SMK 9.684 orang. Adapun jadwal secara nasional akan dimulai 16 Maret hingga 2 April 2020.

“Untuk SMK dijadwalkan pada 16 sampai 19 Maret, sedangkan SMA/MA dimulai 30 Maret sampai 2 April. Untuk UNBK susulan SMK dan SMA akan dilakukan bersamaan pada 7 sampai 8 April 2020,” pungkasnya. (P8/B)

Editor: Wulan

Kota KendariSultraUNBK