Menkopolhukam Dijadwalkan Berkunjung ke Sultra

Sejumlah perwakilan instansi dan lembaga di kota Kendari menggelar rapat bersama di Kantor Badan Kesbang Pol Sultra dalam rangka menyambut kedatangan Menteri Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Mahfud MD. Foto-Ist

KENDARI, LENTERASULTRA.COM- Wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra) kini jadikan rujukan pemerintah pusat. Selain kerap dipilih menjadi tuan rumah berbagai kegiatan berskala nasional, otorita pimpinan Ali Mazi ini juga menjadi pilihan pejabat pusat, sebagai daerah yang wajib disambangi. Pasca sukses menjadi tuan rumah Kongres Partai Amanat Nasional (PAN) ke-V, Sultra kembali dipercaya menggelar acara penting berskala nasional, yakni Kongres Himpunan Mahasiswa Islam (HMI).

Kegiatan ini rencananya dihadiri Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Mahfud MD. Mantan ketua Mahkamah Konstitusi RI ini dijadwalkan tiba di Kendari, Sabtu (29/2/2020). Kepala Dinas Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbang Pol) Provinsi Sulawesi Tenggara, Parinringi mengatakan, Menkopolhukam RI diagendakan berada di Kota Lulo selama dua hari, hingga Senin (2/3/2020).

Mantan Wakil Bupati Konawe ini bilang, ada tiga agenda penting Menkopolhukam selama berada di Kendari. Pertama, Mahfud akan menghadiri pelantikan Ikatan Alumni Mahasiswa Universitas Islam Indonesia (IKA-UII) sekaligus dirangkaikan dengan kongresnya di salah hotel di Kendari. Selanjutnya Menkopolhukam akan menghadiri Kongres HMI serta agenda ketika menghadiri dialog kebangsaan yang digelar Menkopolhukam. Dua agenda ini, digelar di hotel yang sama di bilangan jalur By Pass Kota, Kendari, Sultra.

Parinringi menambahkan, menjelang kehadiran Menkopolhukam, pihaknya sudah menggelar rapat bersama dengan sejumlah instansi terkait. “Kemarin (Kamis, 20/2/2020) kami rapat di kantor (Dinas Kesbangpol Sultra),” kata Parinringi, hari ini, Jumat (21/2/2020). Dalam rapat itu, juga hadir perwakilan Polda Sultra, Kesbang Pol kota Kendari, Ketua HMI Kendari,  serta lembaga dan instansi terkait lainnya. “Yang kami bahas, terkait persoalan tehnis rencana kunjungan Menkopolhukam termasuk rencana penjemputannya,” ungkapnya.

Penulis : Adhi

HMIKesbang PolMahfud MDmenkopolhukamSultra