Puluhan Murid SD di Kolaka Utara Belajar di Sekolah Sempit Berlantai Tanah

 

Istimewa

KOLAKA UTARA, LENTERASULTRA.COM – Impian mendapatkan fasilitas pendidikan yang layak sepertinya hanya impian saja, bagi warga pelosok Kolaka Utara. Kelas Jauh SD Negeri 1 Mataleuno yang terletak di pedalaman Desa Lengkong Batu, Kecamatan Pakue Tengah, Kabupaten Kolaka Utara ini contohnya. Kondisinya tidak layak disebut sebagai sekolah. Pasalnya, kelas ini hanya beralaskan tanah dengan dinding papan yang sudah mulai berlubang karena dimakan rayap.

Meski demikian, hal ini tidak membunuh semangat anak-anak di pedalaman Desa Lengkong Batu untuk terus mengenyam pendidikan. Kelas yang dibangun sejak 2017 ini memiliki 31 siswa dari kelas 1 hingga kelas 6 SD dengan ukuran kelas sekitar 3×6 meter. Kelas ini memang sengaja dibangun bagi mereka yang tinggal di daerah pegunungan karena letak sekolah induk SD Negeri 1 Mataleuno berada di Desa Mataleuno, Pakue Tengah.

Kepala Desa Lengkong Batu, Yunus, mengatakan bahwa kelas jauh ini dbangun oleh masyarakat setempat karena di daerah tersebut tidak ada sekolah dasar sementara untuk ke desa induk harus ditempuh sepanjang delapan kilo meter dengan mendaki gunung.

“Ada dua dusun di desa itu (Lengkong Batu) jadi anak-anak yang tinggal di dua dusun ini yang bersekolah di kelas jauh karena jika di sekolah induk cukup jauh dan harus mendaki gunung,” terangnya.

Pihaknya pun berharap agar ada perhatian yang diberikan oleh pemerintah setempat.

“Mudah-mudahan bisa diperhatikan supaya anak-anak juga bisa lebih nyaman dalam menerima pelajaran,” harapnya.

Kelas jauh ini hanya memiliki dua ruangan yakni ruang guru dan ruang untuk belajar sehingga kelas satu sampai kelas enam belajar di ruangan yang sama dan hanya diajar oleh satu guru saja.

Reporter: Fiyy
Editor: Wulan

Kolaka UtaraSD memprihatinkanSultra