Ali Mazi Sarankan Bupati dan Wakil Buteng Akur dan Berpasangan Lagi di Periode Kedua

Gubernur Sultra Ali Mazi saat berkunjung di Buteng, Rabu 12/2/2020. Foto Ali Tidar

BUTON TENGAH, LENTERASULTRA.COM- Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi sepertinya mengetahui bila hubungan Bupati Buteng, Samahuddin dan Wakilnya Kapten (Purn) TNI La Ntau selama ini kurang harmonis. Makanya, begitu berkunjung di Kabupaten Buton Tengah (Buteng), politisi Partai Nasdem ini meminta keduanya agar selalu akur dan saling bekerjasama dalam menjalankan pemerintahan.

“Yang akur-akur lah, biasa kalau ada kesalahpahaman dalam menjalankan pemerintahan,” kata Ali Mazi, saat menyambangi Buton Tengah, Rabu (12/2/2020). Selain meminta kedua pimpinan di eks otorita Buton itu untuk tampil mesra, dihadapan masyarakat Buteng, Ali Mazi juga meminta agar Samahuddin dan La Ntau, kembali berpasangan lagi saat tampil di Pilkada Buteng nanti. “Kalau bisa kedepannya berpasangan lagi lah untuk maju di periode kedua,” sambung Ali Mazi, disambut tepuk tangan yang meriah dari masyarakat Buteng yang menyambutnya.

Ali Mazi berkunjung untuk menghadiri beberapa agenda penting. Selain bertatap muka dengan masyarakat setempat, suami Agista Ariyani ini juga meresmikan gedung kesenian Mawasangka center serta gerbang Buteng di Desa One Waara. Ali Mazi tiba di Buteng sekitar pukul 11.30 wita.

Saat berada di Buteng, gubernur juga memuji kinerja Bupati Buteng, Samahuddin. Menurut Ali Mazi, Buteng dinilai cukup maju jika dibandingkan dengan daerah otonom baru yang lain. Hal ini bukanlah tanpa alasan, sebab, sepanjang perjalanan menuju Kecamatan Mawasangka dari pelabuhan veri One Waara, perbaikan infrastruktur seperti jalan, pagar dan parawisata berkembang dengan pesat.

“Saya lihat sudah cukup bagus, halaman masyarakat dipagar semua, jalannya bagus dan parawisatanya ikut berkembang. Kalau saya bandingkan, Buteng labih maju lah, jika dibandingkan dengan yang lain,” tuturnya saat menyampaikan sambutannya digedung Mawasangka  Center

Untuk itu, kinerja tersebut harus selalu dipertahankan, agar masyarakat Buteng dapat menikmati pembangunan yang telah dicanangkan oleh Pemda Buteng. “Jadi buatlah program, lalu sampaikan ke Pemprov, karena fokus kinerja Pemprov untuk tahun 2021 kedepan akan difokuskan di Kepulauan-kepulauan,” pungkasnya

Sementara Bupati Buteng H. Samahuddin saat memberikan sambutan mengatakan, Pemda mengucapkan terimakasih kepada pemerintah Provinsi atas kunjungannya ke Buteng, semoga dengan kunjungannya saat ini dapat membawa berkah bagi kemajuan daerah Buteng.

“Mudah-mudahan banyak lagi bantuan dari Provinsi yang masuk di Buteng, karena banyak program yang saya masukan. Sebab jika mengharapkan uang daerah, maka pembangunan di Buteng akan lambat,” pungkasnya

Sebelumnya Gubernur Sultra Ali Mazi meresmikan pintu gerbang di Desa One Waara, Kecamatan Lakudo. Selanjutnya ke pantai Mutiara di Kecamatan Mawasangka lalu meresmikan gedung kesenian Mawasangka Center, dan disambut oleh tari mangaru dari Toko adat Wasiloamata, dan terakhir berkunjung ke Desa Wadiabero Kecamatan Gu untuk melihat korban pertikaian antar kampung yang mengakibatkan 25 rumah terbakar.

Reporter : Ali Tidar
Editor : Adhi

Bupati ButengButon TengahGubernur Sultra Ali Mazi