Zulkifli Hasan Catat Sejarah Baru Sebagai Ketua Umum PAN Dua Periode

KETGAM: Calon Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan (tengah) saat menunjukkan berkas pendaftaran di ruang media center Kongres kelima PAN.

KENDARI, LENTERASULTRA.COM- Kongres Partai Amanat Nasional (PAN) ke-V di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara menorehkan sejarah baru. Zulkifli Hasan, Ketua Umum terpilih di Kongres ke-IV di Bali 2015-2020 menjadi pucuk pimpinan pertama di Partai berlambang matahari terbit itu yang menjabat dua periode.

Sebab, saat Kongres kelima di Kendari, pria yang diakrab disapa Zulhas itu, terpilih kembali menjadi Ketua Umum PAN  periode 2020-2025. Saat pemungutan dan penghitungan suara digelar di ruang Phinisi Hotel Claro, Selasa (11/2/2020),  wakil ketua MPR RI ini, memperoleh suara lebih dari setengah jumlah peserta.

Dari tiga kandidat yang tampil, Ketua Umum incumbent ini meraih 331 suara. Sementara rival terberatnya, Mulfachri Harahap mengantongi 225 suara. Sedangkan Dradjad Wibowo hanya mengumpulkan 6 suara dari 562 pemilik suara sah. Sementara yang tidak sah tercatat 3 suara.

Zulhas memang mencatat sejarah baru di Partai besutan Amin Rais itu. Sepanjang Kongres PAN dilaksanakan, belum ada satupun Ketua umum yang terpilih dua periode. Semua Ketua Umum terpilih dari hasil Kongres Pertama dan Keempat, hanya menjabat satu periode.

Sejak PAN berdiri tahun 1998 dan dilaksanakan Kongres pertama,  Amien Rais terpilih menjadi ketua umum pertama. Namun sayang, di perhelatan Kongres kedua tahun 2005, pendiri PAN ini digantikan oleh Soetrisno Bachir. Sementara Kongres ketiga tahun 2010, Hatta Rajasa menjadi ketua umum untuk periode 2010-2015. Dan Kongres PAN keempat di Bali
Hatta Rajasa harus lengser dari jabatannya. Dia kalah tipis dengan Zulkifli Hasan. Di Kongres kelima di Kendari, Februari 2020, mantan ketua MPR periode 2014-2019 ini kembali terpilih menjadi ketua umum untuk periode kedua.

Ketua DPD PAN Muna Barat La Ode Koso (kanan)

La Ode Koso, ketua DPD PAN Muna Barat, Sultra mengatakan, terpilihnya Zulhas sebagai Ketua Umum PAN di Kongres kelima memang menjadi sejarah baru di partai PAN. “Stigma satu periode yang dilaksanakan secara demokratis di Kongres kelima ini ini, mampu ditunjukan dan dibantahkan oleh Zulkifli Hasan,” tutur mantan Ketua DPRD Muna Barat periode 2014-2019 ini.

Penulis : Adhi

Kendariketum PANKongres V PANSultraZulkifli hasan