Bupati Buteng Lantik Iparnya Jadi Kadis Pariwisata

Belasan pejabat eselon dua hasil lelang terbuka, saat mengikuti proses pelantikan menjadi kepala dinas dan badan di Kabupaten Buton Tengah. Pelantikan dipimpin Bupati Buteng Samahuddin, di depan kantor Bupati Buteng, Jumat (17/1/2020) Foto- Ali Tidar

BUTENG, LENTERASULTRA.COM- Pengangkatan anggota keluarga pejabat di pemerintahan tidak hanya terjadi di Pemerintah Provinsi Riau dan Pemerintah Kota Pekanbaru. Hal serupa juga terjadi di Kabupaten Buton Tengah (Buteng), Sulawesi Tenggara (Sultra). Bupati Buteng, Samahuddin, juga turut mengangkat anggota keluarganya menduduki jabatan strategis. Tidak tanggung-tanggung, posisi yang diberikan adalah kursi eselon dua dengan jabatan kepala Dinas.

Keluarga Bupati Buteng yang dilantik bernama Wujudin. Ia merupakan adik dari Jusniar Samahuddin, istri Bupati Buteng. Dia dilantik menjadi Kepala Dinas Pariwisata. Wujudin sebelumnya merupakan pejabat eselon tiga di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Buteng, dengan posisi sebagai sekretaris di Dinas setempat. Promosi jabatan ipar Samahuddin setingkat lebih tinggi, bersamaan dengan pelantikan massal yang dilaksanakan Bupati  Jumat, (17/1/2020). Proses pelantikan ini dilaksanakan malam hari sekitar pukul 19.30 wita, di halaman kantor Bupati.

Tercatat 204 pejabat yang dilantik Samahuddin di pertengahan tahun 2020 ini. Mereka terdiri dari pejabat eselon dua, tiga dan empat. Sayangnya, Badan Kepegawaian, Pengembangan dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) setempat sepertinya tertutup, karena hingga berita ini diupload, tidak kunjung memberikan daftar nama-nama pejabat yang dilantik, meski sudah diminta.

Pelantikan Wujudin sebagai Kadis Pariwisata, tidak ditunjuk begitu saja oleh Bupati. Adik Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahtraan Keluarga (TP-PKK) Buton Tengah ini, lebih dulu mengikuti seleksi  Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) yang digelar November 2019. Dari hasil seleksi itu, Wujudin lolos pada penentuan tiga besar dan akhirnya berhasil mengungguli dua rekannya yang lain.

Pemandangan ini kontras dengan yang dialami Jufri, S.Pd. Dengan posisinya sebagai Bupati, Samahuddin tidak bisa membantu adik kandungnya itu untuk menduduki jabatan eselon dua. Penyebabnya, Kepala bidang di Dinas Perpustakan dan Kearsipan Kabupaten Buteng itu, tidak lolos lelang terbuka. Saat melamar sebagai calon pimpinan JPTP di Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah, Jufri gugur karena kalah bersaing dengan calon JPTP lainnya.

“Mereka yang lolos tiga besar ini karena kemampuannya sendiri, bukan saya yang tentukan. Saya menyerahkan sepenuhnya kepada Tim Assesor yang menguji mereka. Biar adik saya, kalau memang nilainya belum cukup dan tidak memenuhi syarat untuk jadi Kadis, maka harus legowo mundur. Saya harus profesional dalam menentukan Kadis,” tegas Samahuddin kepada sejumlah media usai menerima dan membacakan nama-nama calon pimpinan JPTP yang lolos akhir November 2019 lalu.

Untuk itu, harap Samahuddin, kepada semua ASN yang telah menduduki jabatan yang diemban, agar sungguh-sunghuh dalam bekerja, sehingga daerah Buteng bisa maju dengan baik kedepannya. “Saya yakin, mereka-mereka yang dilantik saat ini dapat bekerja dengan baik, karena sebagian besarnya masih muda-muda. Saya ingatkan, perencanaan harus matang, karena saya akan efaluasi kinerjanya kedepan,” pungkasnya.

Selain Wujudin yang dilantik jadi menjadi pejabat eselon dua, pelantikan pertama Kabinet Bupati Samahuddin dan wakilnya, La Ntau di awal tahun 2020 ini juga menggeser sejumlah JPTP. Selain itu, Bupati juga mendefenitifkan sejumlah kepala Dinas dan Badan yang selama ini merangkap jabatan sekretaris sekaligus pelaksana tugas di intansinya. Khusus Pimpinan JPTP yang digeser mereka dilantik berdasarkan hasil lelang terbuka dan dinyatakan lulus. Sementara yang digeser dan bertukar posisi, sebelumnya telah menduduki jabatan kepala dinas dan badan selama beberapa tahun terakhir.

Berikut Nama-Nama Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah Pemda Buteng yang dilantik :

  1. La Ode Albakri

Jabatan lama : Inspektur Pembantu Wilayah II (dua) Inspektorat Buteng, Jabatan baru : Inspektur Inspektorat Buteng

  1. Wujuddin

Jabatan lama : Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Buteng, Jabatan baru : Kepala Dinas Pariwisata Buteng

  1. Jamuri

Jabatan lama : Plt Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Pemadam Kebakaran Buteng, Jabatan baru : Kepala Kantor Satuan Polisi Pamong Praja dan pemadam kebakaran

  1. Kasman

Jabatan lama : Sekretaris merangkap Plt Kepala Dinas Kesehatan, Jabatan baru : Kepala Dinas Kesehatan

  1. La Ode Darmawan Hibali

Jabatan lama : Sekretaris merangkap Plt Kadis Perhubungan, Jabatan baru : Kepala Dinas Perhubungan

  1. Hardyanti

Jabatan lama : Sekretaris merangkap Plt Kepala BPKAD, Jabatan Baru : Kepala BPKAD

  1. Abidin

Jabatan lama : Sekretaris merangkap Plt Kepala Dinas Koperasi dan UKM, Jabatan baru : Kepala Dinas Koperasi dan UKM

  1. Amrin

Jabatan lama : Sekretaris merangkap Plt. Kepala BPMD, Jabatan baru : Kepala BPMD

  1. Razudin, Jabatan lama : Camat Mawasangka Tengah, Jabatan baru : Kepala Dinas Pertanian Buteng

 

  • Pejabat Eselon dua yang digeser dan bertukar posisi
  1. Hasan Tali

Jabatan lama : Kepala Dinas Perpustakaan, Jabatan Baru : Kepala Dinas Pangan

  1. La Ota

Jabatan lama : Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian, Jabatan baru : Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol)

  1. Kasim

Jabatan lama : Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Jabatan baru : Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian

  1. Siruddin

Jabatan lama : Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Jabatan baru : Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Buteng

  1. Ir Maiynu. Jabatan lama : Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan Rakyat, dan Tata Ruang (PUPRTR), Jabatan baru : Dikukuhkan sebagai Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Buteng

Penulis : Ali Tidar, Editor : Adhi

 

Bupati ButengPelantikan Pejabat eselon