BLK Komunitas Hadir di Sultra

KENDARI, LENTERASULTRA.COM Satu lagi Balai Latihan Kerja (BLK) komunitas berdiri di Sulawesi Tenggara. BLK Komunitas tersebut berada di Desa Ahuawatu, Kecamatan Pondidaha, Kabupaten Konawe, tepatnya di kawasan Pondok Pesantren Al-Muhajirin Darussalam. Sebelumnya, tahun 2018 BLK serupa sudah dibangun di Pondok Pesantren Minhajut Thulab, Konawe Selatan. Acara peresmian BLK Komunitas tersebut dilaksanakan di Ponpes Al-Muhajirin oleh Kepala Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari, Dr La Ode Haji Polondu, S.Pd, M.Pd, Minggu (12/01/2020).

Haji Polondu didampingi Pengasuh Ponpes Al Muhajirin Darussalam, KH. Chozim.S.Pd.i mengatakan, fasilitas tersebut diharapkan memberi manfaat kepada santri-santri ketika lepas dari Pondok.

“Tidak hanya membawa pulang ilmu agama, tapi sudah memiliki kemampuan dibidang lain berupa ketrampilan kerja yang dapat langsung dipraktekan sesuai pilihannya,” ujarnya.

BLK Komunitas adalah unit pelatihan kerja yang didirikan di lembaga pendidikan keagamaan atau lembaga keagamaan non pemerintah yang bertujuan untuk memberikan bekal keterampilan teknis berproduksi atau keahlian vokasi sesuai kebutuhan pasar kerja dan bagi komunitas masyarakat sekitarnya sebagai bekal untuk mencari kerja atau berwirausaha.

Jenis bantuan yang diberikan kepada lembaga penerima bantuan meliputi pembangunan unit gedung workshop, peralatan pelatihan, operasional kelembagaan, program pelatihan bagi peserta pelatihan dan instruktur serta pengelola.

Seperti diketahui, BLK Komunitas dihadirkan pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan sejak tahun 2017 dengan mendirikan 50 lembaga. Kemudian pada tahun 2018 didirikan 75 lembaga dan pada tahun 2019 didirikan 1.000 BLK Komunitas dan melatih 100 ribu orang.

Penulis: M.Lukman

BLK