Proyeksi Bank Dunia, Pertumbuhan Ekonomi Global Hanya 2,5 Persen

Pertemuan Bank Dunia Membahas Pertumbuhan Ekonomi Global 2020. —ist–

JAKARTA, LENTERASULTRA.COM – Bank Dunia dalam laporan terbarunya bertajuk Prospek Ekonomi Global 2020
memproyeksikan pertumbuhan ekonomi global naik tipis menjadi 2,5 persen pada tahun ini.

Hal ini sejalan dengan investasi dan perdagangan yang secara bertahap mulai pulih meskipun risiko ekonomi juga masih membayangi.

Meski demikian, pertumbuhan kelompok negara-negara maju diperkirakan turun menjadi 1,4 persen pada 2020 karena melambatnya industri manufaktur.

Sementara itu, pertumbuhan di pasar dan ekonomi negara berkembang diperkirakan akan meningkat tahun ini menjadi 4,1 persen. Namun, peningkatan ini tidak berbasis luas meski ada peningkatan kinerja dari kelompok ekonomi besar.

Selain itu, sekitar sepertiga dari pasar dan ekonomi berkembang, diproyeksikan melambat tahun ini karena ekspor dan investasi yang lebih lemah dari perkiraan.

“Dengan pertumbuhan di negara-negara berkembang yang cenderung tetap lambat, para pembuat kebijakan harus mengambil kesempatan untuk melakukan reformasi struktural yang mendorong pertumbuhan berbasis luas dan dapat mengurangi kemiskinan,” kata Wakil Presiden World Bank Group untuk Bidang Pemerataan Pertumbuhan, Keuangan & Lembaga Ceyla Pazarbasioglu, melalui keterangan resminya dikutip Asia Today.id,  Rabu (08/01/2020).

Menurut Ceyla, langkah-langkah untuk meningkatkan iklim bisnis, supremasi hukum, pengelolaan utang, dan produktivitas, dapat membantu mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan. (ATN)

Bank Dunia